alexametrics

Daftar Gunung Api Aktif di Indonesia, 3 Berstatus Siaga, Dimana Saja?

Rifan Aditya
Daftar Gunung Api Aktif di Indonesia, 3 Berstatus Siaga, Dimana Saja?
Daftar Gunung Api Aktif di Indonesia, 3 Berstatus Siaga, Dimana Saja? - Gunung Merapi mengeluarkan Awan panas guguran pada Jumat (20/8/2021). - (SuaraJogja.id/HO-BPPTKG)

Saat ini daftar gunung api aktif di Indonesia terdapat 3 gunung api di Indonesia yang berstatus Level III atau Siaga, 17 gunung api dengan status Level II atau Waspada,

Suara.com - Erupsi Gunung Semeru di Jawa Timur pada hari Sabtu (4/12/2021) lalu kembali mengingatkan bahwa masih banyak daftar gunung api aktif di Indonesia.

Dilansir dari laman magma.esdm.go.id, saat ini daftar gunung api aktif di Indonesia terdapat 3 gunung api di Indonesia yang berstatus Level III atau Siaga, 17 gunung api dengan status Level II atau Waspada, dan 48 gunung api dengan statis Level I atau Normal.

Daftar gunung api aktif di Indonesia dengan status Level III (Siaga)

Level III atau Siaga berarti bahwa menurut pengamatan visual dan instrumental, gunung api mengalami peningkatan aktivitas yang semakin nyata atau bahkan telah mengalami erupsi.

Baca Juga: Kisah Warga Menyelamatkan Diri ke Dalam Kamar Mandi Selama Dua Jam Saat Erupsi Semeru

1. Gunung Ili Lewotolok

Gunung api Ili Lewotolok berada di Kabupaten/Kota Lembata, Nusa Tenggara Timur dengan ketinggian gunung 1423 mdpl. Sampai saat ini (6/12/2021) gunung Ili Lewotolok masih berada pada Level III.

Oleh karena itu, Kementerian ESDM mengimbau warga sekitar untuk tidak melakukan aktivitas dalam jarak 3 kilometer dari puncak.

2. Gunung Merapi 

Gunung Merapi berada di Kabupaten/Kota Sleman, Magelang, Boyolali, Klaten, Daerah Istimewa Yogyakarta dengan ketinggian gunung 2968 mdpl.

Baca Juga: Relawan Kesulitan Mencari Korban Erupsi Semeru yang Dilaporkan Hilang

Gunung Merapi berstatus Siaga sejak 5 November 2020. Kementerian ESDM sudah melarang aktivitas penambangan pasir di wilayah aliran sungai serta menetapkan keamanan wisata dengan jarak minimal 5 kilometer dari puncak.

Komentar