alexametrics

Kumpulan Gunung di Indonesia dengan Letusan Hebat

Rifan Aditya
Kumpulan Gunung di Indonesia dengan Letusan Hebat
Kumpulan Gunung di Indonesia dengan Letusan Hebat - Gunung Tambora. [Wikipedia]

Dimana saja yang masuk kumpulan gunung di Indonesia dengan letusan hebat?

Suara.com - Indonesia merupakan satu-satunya negara di dunia yang memiliki banyak gunung berapi. Bahkan ada beberapa gunung di Indonesia dengan letusan hebat hingga mempengaruhi iklim dan kondisi kehidupan manusia.

Kita sebutkan saja diantaranya Gunung Merapi, Gunung Agung, Gunung Kelud, Gunung Anak Krakatau, Gunung Tambora, Gunung Sinabung, Gunung Semeru dan lain sebagainya. Sehingga tak mengherankan juga jika memiliki julukan negara ring api karena dikelilingi oleh gunung berapi. Lalu mana saja yang masuk kumpulan gunung di Indonesia dengan letusan hebat?

Beberapa gunung berapi telah meletus, ada beberapa di antaranya yang letusannya sangat legendaris karena dampaknya yang luar biasa sampai bisa mengurangi populasi manusia di bumi. Nah, berikut ini kumpulan gunung di Indonesia dengan letusan hebat itu. Informasi dibawah ini dikumpulkan dari berbagai sumber. 

1. Gunung Tambora

Baca Juga: Tahlilan dan Doa Bersama Buat Para Korban Tewas Letusan Gunung Semeru

Salah satu dari kumpulan gunung di Indonesia dengan letusan hebat adalah Gunung Tambora. Gunung Tambora terletak di Sumbawa dan meletus pertama kali pada 10 April 1815. Ledakan Gunung Tambora diperkirakan setara dengan ratusan ribu bom atom yang meletus bersamaan.

Dampak dari letusan tambora yang tercatat dalam sejarah ialah 71.000 orang meninggal akibat lava dan penyakit akibat debu halus dari gunung. Dampaknya juga sampai ke luar negeri, karean setelah erupsi, debu abu Gunung Tambora yang membumbung ke langit menyebabkan perubahan iklim yang sangat signifikan.

Pada saat itu, suhu rata-rata di dunia turun sampai 0,53 derajat Celcius. Beberapa negara di belahan bumi bagian utara sampai tidak mengalami musim panas. Sedangkan negara-negara di sisi selatan Eropa mengalami wabah tipus. 

2. Gunung Kelud

Gunung Kelud juga bisa masuk ke dalam daftar kumpulan gunung di Indonesia dengan letusan hebat. Gunung Kelud kerap meletus. Sejarah mencatat, Gunung Kelud meletus sejak abad 15 dan total korban jiwa dari letusan tersebut sudah mencapai lebih dari 15.000 jiwa.

Baca Juga: Gubernur Ganjar Ingatkan Warga di Lereng Gunung Merapi untuk Siaga

Pada abad ke-20, Gunung Kelud yang meletus beberapa kali, tahun 1901, 1919, 1951, 1966, dan 1990. Sedangkan pada abad 21, Gunung Kelud kembali aktif mulai tahun 2007 sampai sekarang. Puncak dari aktivitas aktif Gunung Kelud ialah kemunculan gunung baru di tengah-tengah danau kawah Kelud.

Komentar