alexametrics

Doa saat Gunung Meletus, Semoga Terhindar dari Bahaya Awan Panas hingga Lahar Dingin

Rifan Aditya
Doa saat Gunung Meletus, Semoga Terhindar dari Bahaya Awan Panas hingga Lahar Dingin
Doa saat Gunung Meletus, Semoga Terhindar dari Bahaya Awan Panas hingga Lahar Dingin - Ilustrasi berdoa (pixbay)

Berikut doa saat gunung meletus yang mudah-mudahan dapat menghindarkan kita dari bahaya awan panas hingga lahar dingin.

Suara.com - Gunung meletus merupakan bencana alam yang kerap terjadi di Indonesia dan memiliki banyak bahaya. Kita pun tidak sepenuhnya bisa terhindar dari dampak gunung meletus ini. Makanya, membaca kumpulan doa saat gunung meletus berikut ini bisa menjadi ikhtiar kita.

Bahkan, dalam Islam dianjurkan untuk membaca doa saat gunung meletus agar kita bisa senantiasa berkepala dingin dan menemukan cara untuk melindungi diri. Berikut doa yang dianjurkan untuk dibaca saat tertimpa musibah termasuk ketika gunung meletus. 

Dikutip dari islam.nu.or.id, doa-doa ini dirangkum dari kitab Al-Adzkar karya Muhyiddin Abu Zakariya Yahya bin Syaraf An-Nawawi. Terdapat doa pencegahan atau memohon perlindungan dari bahaya dan doa bagi mereka yang sudah atau sedang mengalami musibah termasuk diantaranya gunung meletus. Berikut tiga doa saat gunung meletus

1. Doa Memohon Perlindungan 

Baca Juga: Bacaan Doa Qunut Subuh Sendiri dan Artinya

Allahumma inni a‘udzubika minal hammi wa a‘udzubika minat taraddi wa a‘udzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a‘udzubika an yatakhabbathanisy syaithanu ‘indal maut wa ‘audzubika an amuta fi sabilika mudbiran wa a‘udzubika an amuta ladighan.

Artinya: “Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat. (HR Abu Daud)

2. Doa Memohon Keselamatan saat Musibah

Bismillahil ladzi la yadhurru ma'asmihi syaiun fil ardhi wa la fis sama-I wa huwas sami‘ul alim 

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu di bumi dan di langit tak dapat memberikan mudharat (bahaya). Dialah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui."

Baca Juga: Cara Shalat Istikharah Agar Diberi Petunjuk Kemudahan Usaha

3. Doa Ketika Mengalami Musibah 

Komentar