alexametrics

Bersyukur Investasi di Luar Jawa Makin Naik, Jokowi: Karena Infrastruktur Sudah Merata

Agung Sandy Lesmana | Ummi Hadyah Saleh
Bersyukur Investasi di Luar Jawa Makin Naik, Jokowi: Karena Infrastruktur Sudah Merata
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bersyukur Investasi di Luar Jawa Makin Naik, Jokowi: Karena Infrastruktur Sudah Merata. (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden)

"Kami (pemerintah Indonesia) patut bersyukur angka investasi tahun ini di luar Jawa semakin meningkat dan lebih tinggi dibandingkan di Jawa."

Suara.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku bersyukur angka investasi tahun 2021 di luar Pulau Jawa semakin meningkat dibandingkan di Pulau Jawa. Hal ini dikatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meresmikan Bandara Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021).

"Kami (pemerintah Indonesia) patut bersyukur angka investasi tahun ini di luar Jawa semakin meningkat dan lebih tinggi dibandingkan di Jawa," ujar Jokowi.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut peningkatan investasi di luar Jawa tak lepas dari upaya penyiapan infrastruktur yang merata di seluruh tanah air. Pasalnya kata Jokowi, pembangunan infrastruktur tak hanya berpusat di Pulau Jawa, tetapi Indonesia sentris. 

"Peningkatan investasi di luar Jawa yang tidak lepas dari upaya kita dalam menyiapkan infrastruktur secara merata di seluruh penjuru tanah air dan kami membangun infrastruktur tidak hanya berpusat di Jawa, tetapi Indonesia sentris," kata dia.

Baca Juga: Klaim Tidak Jawa-Sentris, Presiden Jokowi Klaim Investasi di Luar Jawa Lebih Besar

Karena itu, Kepala Negara meyakini bahwa ekonomi di daerah bisa tumbuh dengan cepat, jika didukung oleh infrastruktur dan transportasi yang memadai. Sehingga kata dia produksi semakin meningkat dan distribusi semakin lancar.

"Karena ita percaya bahwa daerah-daerah di luar Jawa bisa tumbuh dengan cepat jika didukung oleh infrastruktur konektivitas dan transformasi yang transportasi yang memadai sehingga produksi akan meningkat, distribusi akan lancar menjangkau pasar yang semakin besar, semakin luas dan menekan waktu serta biaya, sehingga biaya logistik menjadi semakin efisien dan semakin kompetitif," katanya. 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Tebelian, Sintang, Kalimantan Barat, Rabu (8/12/2021). Jokowi bersyukur Bandara Tebelian telah rampung dan siap dimanfaatkan. 

"Alhamdulillah puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah subhanahu wa ta'ala Bandara Tebelian telah selesai dibangun dan bisa dimanfaatkan," ujar Jokowi dalam peresmian yang disiarkan melalui Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (8/12/2021).

Jokowi mengatakan Bandara Tebelian mampu melayani penumpang yakni 75.000 penumpang per tahun. Adapun pembangunan Bandara Tebelian menghabiskan anggaran dengan total Rp 518 miliar.

Baca Juga: Kenalan Laki-laki di Medsos, Perempuan Asal Kulon Progo Kena Tipu Ratusan Juta Rupiah

"Menghabiskan anggaran totalnya Rp 518 miliar," ucap dia.

Kata Jokowi keberadaan Bandara Tebelian sangat penting untuk melayani peningkatan kebutuhan transportasi udara bagi masyarakat dan melayani harus pergerakan orang yang semakin ramai.

Di era kompetisi antar negara yang semakin sengit, Jokowi mengingatkan semua pihak untuk bergerak dengan lebih cepat. Karena itu kata Jokowi kelancaran konektivitas merupakan kunci.

"Dan kita harus mampu membuat konektivitas antar provinsi, antar daerah antar kabupaten, semakin mudah dan lancar terjangkau oleh masyarakat sehingga sentra-sentra ekonomi yang baru akan tumbuh semakin banyak di berbagai daerah," tutur dia.

Dalam peresmian hadir pula Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono

Komentar