alexametrics

MAKI Harap Firli Temui Novel Dkk saat Dilantik ASN Polri: Perlu Kebesaran Jiwa untuk Islah

Agung Sandy Lesmana | Welly Hidayat
MAKI Harap Firli Temui Novel Dkk saat Dilantik ASN Polri: Perlu Kebesaran Jiwa untuk Islah
Ketua KPK Firli Bahuri. MAKI Harap Firli Temui Novel Dkk saat Dilantik ASN Polri: Perlu Kebesaran Jiwa untuk Islah. (SuaraJogja.id/Hiskia Andika)

"...Sehingga diperlukan kebesaran jiwa untuk islah atau berdamai kembali demi kebaikan bangsa dan negara."

Suara.com - Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) berharap Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri agar ikut menghadiri pelantikan Novel Baswedan dan 43 eks Pegawai KPK menjadi ASN di Polri. Acara pelantikan eks pegawai KPK menjadi ASN Polr bertepatan dengan Hari Antikorupsi Sedunia, Rabu (9/12/2021) besok.

"MAKI memohon kepada bapak Firli Bahuri Ketua KPK untuk berkenan hadir pada saat pelantikan 44 mantan pegawai KPK menjadi ASN Bareskrim Polri," kata Koordinator MAKI, Boyamin Saiman saat dikonfirmasi, Rabu (8/12/2021).

Menurutnya, jika Firli Bahuri dapat hadiri dalam pelantikan itu bisa menjadi sarana islah atau penyatuan kembali dan berdamai dan membikin KPK dan Polri lebih solid untuk memerangi korupsi di tanah air.

"Selanjutnya untuk sinergi yang hebat guna pemberantasan korupsi ke depan yang lebih hebat," kata dia. 

Baca Juga: Usai Istri Diperiksa KPK, Mantan Gubernur Alex Noerdin Bakal Disidang

Diketahui, 44 eks Pegawai KPK yang kini direkrut Polri merupakan orang-orang yang dinyatakan tak lulus Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) sebagai syarat alih status ASN di KPK. 

"Diakui atau tidak, suka atau tidak suka, telah menimbulkan jurang pemisah antara pimpinan KPK dengan 44 orang tersebut. Sehingga diperlukan kebesaran jiwa untuk islah atau berdamai kembali demi kebaikan bangsa dan negara," ucap Boyamin.

Boyamin berharap islah dapat dimulai oleh Ketua KPK Firli Bahuri. Dimana sebagai pihak yang dari umur lebih tua dan memiliki jabatan yang juga cukup tinggi.

"Kami tidak memandang siapa yang benar dan siapa yang salah dalam kasus TWK. Mari kita tutup masa lalu dan membuka lembaran baru untuk sinergi memberantas korupsi," ungkapnya

Boyamin menyebut MAKI juga sudah mengirimkan surat permohonan kepada KPK untuk Filri Bahuri menghadiri pelantikan 44 eks Pegawai KPK menjadi ASN Polri.

Baca Juga: Besok Novel Baswedan Cs Dilantik Jadi ASN Polri, Langsung Jalani Pendidikan Di Bandung

"Sekali lagi kami memohon kehadiran Bapak Firli Bahuri pada saat pelantikan ASN 44 ek-KPK. 

Dilantik saat Momen Harkodia

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Dedi Prasetyo sebelumnya mengatakan, pelantikan digelar pukul 09.00 WIB.

"Pukul 09.00 WIB di Ruang Rapat Utama Mabes Polri," kata Dedi seperti dikutip dari Antara, Rabu.

Dedi menyebut Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (SDM) Irjen Pol Wahyu Widada akan memimpin langsung pelantikan Novel dan kawan-kawan. Seusai pelantikan mereka akan langsung menjalani pendidikan di Bandung.

Dilantik oleh As SDM selanjutnya akan mengikuti pendidikan di Pusdikmin Bandung," katanya.

Novel dan kawan-kawan sebelumnya telah menjalani uji kompetensi sebagai ASN Polri. Uji kompetensi digelar di Gedung TNCC, Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (7/12) kemarin.

Dedi sempat mengatakan dari 44 peserta satu di antaranya menjalani uji kompetensi secara daring atau online.

Seleksi kompetensi jumlah 44 hadir, 43 di ruangan CAT Mabes Polri, satu orang online," kata Dedi kepada wartawan, Selasa (7/12/2021).

Uji kompetensi dilakukan untuk memetakan posisi jabatan yang sesuai dengan peserta. Dedi memastikan bukan untuk mengeliminasi Novel dan kawan-kawan yang telah menerima tawaran Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo tersebut.

"Hanya mapping sesuai kompetensi untuk ditempatkan pada ruang jabatan yang sudah disiapkan," katanya.

Komentar