alexametrics

Jasa Kargo DHL Ungkap Tantangan Pengiriman Vaksin ke Pelosok Indonesia

Erick Tanjung | Achmad Fauzi
Jasa Kargo DHL Ungkap Tantangan Pengiriman Vaksin ke Pelosok Indonesia
Video pengiriman vaksin covid-19. [Twitter/@vintenas]

Dalam mengirimkan vaksin, DHL perlu menjalankan lebih dari 17 penerbangan carter menuju 24 lokasi yang belum terjangkau penerbangan umum.

Suara.com - Perusahaan jasa pengiriman kargo, DHL Global Forwarding mengungkapkan tantangan-tantangan dalam mengirimkan vaksin Covid-19 ke daerah pelosok Indonesia.

Dalam mengirimkan vaksin, DHL perlu menjalankan lebih dari 17 penerbangan carter menuju 24 lokasi yang belum terjangkau penerbangan umum karena tidak beroperasi atau kapasitas yang tidak mencukupi.

President Director DHL Global Forwarding Indonesia, Vincent Yong mengatakan sulitnya pengiriman vaksin ke wilayah terpencil disebabkan oleh berkurangnya kapasitas angkutan udara yang tersedia akibat menurunnya lalu lintas penumpang pada tahun lalu.

"Minimnya ruang angkut membutuhkan solusi. Melalui kerja sama dengan maskapai penerbangan dan mitra pengiriman jarak jauh kami, DHL Global Forwarding berkoordinasi dengan Pfizer serta didukung oleh pemerintah Indonesia. Mengatur penerbangan carter yang diperlukan untuk memastikan kargo berharga tersebut dikirimkan dengan tepat agar tetap menjaga integritas cold chain," ujar Vincent dalam keterangannya, Rabu (8/12/2021).

Baca Juga: Video Viral Upacara Seremoni Distribusi Vaksin Covid-19 Banyak Dihujat

Vincet melanjutkan, DHL Global Forwarding juga ikut serta dalam mengatur penerbangan carter dan memastikan persetujuan peraturan yang diperlukan untuk melakukan distribusi vaksin ke berbagai lokasi.

Selain itu, kata Vincent, tantangan berikutnya didapat dari armada pesawat. Sebab, pesawat memiliki batasan jumlah es kering (dry ice) yang dapat dibawa.

"Untuk memindahkan vaksin yang dikemas dengan es kering memerlukan perencanaan yang sangat terperinci. Mulai dari menyediakan kendaraan berstandar tinggi yang memenuhi persyaratan distribusi vaksin hingga memastikan protokol keselamatan dan keamanan tersedia untuk menjamin kelancaran proses pengiriman vaksin dalam batas waktu yang telah ditentukan," imbuh dia.

Selain itu, tambah Vincent, tantangan utama yang dihadapi dalam pengiriman vaksin Covid-19 adalah persyaratan suhu yang ketat. Vaksin dikirim dalam kemasan pengiriman termal yang dirancang secara khusus serta disesuaikan oleh Pfizer.

Setiap pengiriman dikemas dengan es kering untuk mengatur suhu dan memungkinkan penggunaan vaksin di lokasi yang tidak memiliki infrastruktur fisik untuk mempertahankan suhu yang diperlukan.

Baca Juga: Baru Tahu, Sekarang Distribusi Vaksin Covid-19 Dijadikan Seremonial

Pelacak suhu yang dilengkapi dengan teknologi GPS canggih juga dikemas dalam setiap kotak pengiriman termal untuk memberikan visibilitas penuh sepanjang perjalanan pengiriman.

Komentar