facebook

Meskipun Boikot Olimpiade Beijing, AS Tetap Kirim Diplomat ke China

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Meskipun Boikot Olimpiade Beijing, AS Tetap Kirim Diplomat ke China
Presiden Amerika Serikat (AS), Joe Biden. [Saul Loeb/AFP]

Departemen Luar Negeri dan Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan tidak ada perubahan pada boikot diplomatik Biden.

Suara.com - Pemerintahan Joe Biden mengatakan akan mengirim beberapa diplomat ke Beijing untuk mendukung atlet di Olimpiade Musim Dingin, tapi tidak untuk menghadiri Olimpiade tersebut.

Menyadur New York Post Rabu (29/12/2021), Kementerian luar negeri China mengatakan telah menerima setidaknya 18 aplikasi AS untuk visa diplomatik.

South China Morning Post melaporkan bahwa 40 lainnya mungkin datang menjelang upacara pembukaan 4 Februari.

Meskipun mengirim diplomat, Departemen Luar Negeri dan Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan tidak ada perubahan pada "boikot diplomatik" Biden.

Baca Juga: Diduga Jual Paspor Palsu Ke Warga Suriah, Diplomat AS Ditangkap Di Turki

"Kami bermaksud memberikan layanan keamanan konsuler dan diplomatik untuk memastikan atlet, pelatih, pelatih, dan staf kami aman."

Arsip - Dalam file foto yang diambil pada 1 Desember 2021, orang-orang berjalan melewati logo Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Taman Shougang di Beijing.Noel Celis / AFP.
Arsip - Dalam file foto yang diambil pada 1 Desember 2021, orang-orang berjalan melewati logo Olimpiade Musim Dingin Beijing 2022 di Taman Shougang di Beijing.Noel Celis / AFP.

"Dan memastikan akses ke layanan warga Amerika yang kami berikan kepada semua warga AS di luar negeri," kata pernyataan dari kedua agensi.

“Setiap aplikasi visa akan ditujukan untuk personel keamanan konsuler dan diplomatik itu. Merupakan standar untuk menempatkan personel tersebut di lapangan, dan personel tersebut bukan merupakan perwakilan resmi atau diplomatik di Olimpiade.”

“Kami tidak akan memiliki perwakilan diplomatik atau resmi mengingat genosida dan kejahatan terhadap kemanusiaan yang sedang berlangsung di China di Xinjiang, dan pelanggaran HAM lainnya. Setiap saran sebaliknya adalah salah.”

Juru bicara kementerian luar negeri China Zhao Lijian mengatakan bahwa visa diplomatik menunjukkan boikot Biden adalah “lelucon.”

Baca Juga: Kontra dengan AS, Prancis Tolak Boikot Olimpiade Beijing

“Pihak AS baru-baru ini melakukan lelucon dengan tujuan manipulasi politik dan mengklaim bahwa mereka tidak akan mengirim perwakilan diplomatik atau resmi ke Olimpiade Musim Dingin Beijing, meskipun sebenarnya tidak pernah diundang,” kata Zhao.

Dia menambahkan: “Kami sekali lagi meminta pihak AS untuk mempraktikkan semangat Olimpiade, berhenti mempolitisasi olahraga dan berhenti membuat komentar atau tindakan lebih lanjut yang akan mengganggu atau mengganggu Olimpiade Musim Dingin Beijing.”

Komentar