facebook

Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan Deras 3 Hari Ke Depan, BMKG Minta Masyarakat Waspada

M. Reza Sulaiman | Ummi Hadyah Saleh
Jabodetabek Bakal Diguyur Hujan Deras 3 Hari Ke Depan, BMKG Minta Masyarakat Waspada
ILUSTRASI Kondisi Jakarta di Jalan HR Rasuna Said, Jakarta Selatan pada Minggu (5/1/2020) pagi, hujan deras mengguyur kawasan ini. (Foto: Twitter/ TMC Polda Metro Jaya)

BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia yang saat ini mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Jabodetabek.

Suara.com - BMKG memonitor perkembangan kondisi cuaca di seluruh wilayah Indonesia yang saat ini mengindikasikan adanya potensi peningkatan curah hujan di sebagian wilayah Indonesia, termasuk wilayah Jabodetabek.

Deputi Bidang Meteorologi Guswanto mengatakan pihaknya memprediksi sebagian besar di wilayah Jabodetabek mengalami puncak musim hujan di periode Januari 2022.

"Sebagian besar Wilayah Jabodetabek termasuk wilayah yang diprediksikan mengalami puncak musim hujan pada periode Januari ini," ujar Guswanto dalam keterangan tertulis yang diterima Suara.com, Rabu (12/1/2022).

Sementara itu kata Guswanto, dari hasil analisis dinamika atmosfer, diidentifikasi adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia selatan Jawa.

Baca Juga: Tiga Pohon Tumbang di Jakarta karena Angin Kencang, Mobil di Sunter Jadi Korban

Ilustrasi - Tangkapan layar peta prediksi dampak hujan lebat di Indonesia akibat siklon tropis Teratai dari kanal Youtube-BMKG, Rabu (1/12/2021). [ANTARA/Asep Firmansyah/aa]
Ilustrasi - Tangkapan layar peta prediksi dampak hujan lebat di Indonesia akibat siklon tropis Teratai dari kanal Youtube-BMKG, Rabu (1/12/2021). [ANTARA/Asep Firmansyah/aa]

Kemudian BMKG juga mengidentifikasi adanya pola tekanan rendah di Australia bagian utara yang dapat membentuk pola pertemuan massa udara dan belokan angin di wilayah selatan Indonesia terutama di sekitar Laut Jawa bagian barat dan perairan selatan Banten dan Jawa Barat, yang dapat mempengaruhi pembentukan awan hujan di wilayah Jabodetabek.

Berdasarkan kondisi tersebut, BMKG kata Guswanto memprakirakan potensi curah hujan dengan intensitas sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang dapat terjadi di wilayah Jabodetabek sebagai berikut:

  • 13 Januari 2022: Kep. Seribu, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.
  • 14 Januari 2022 : Jakarta Utara, Bogor, dan Depok.
  • 15 Januari 2022: Bogor, Depok

Karena itu BMKG kata Guswanto mengimbau masyarakat agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem pada periode 3 hari ke depan yang dapat berpotensi menimbulkan bencana hidrometeorologi berupa banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, terutama untuk masyarakat yang berada dan tinggal di wilayah rawan bencana hidrometeorologi.

Tak hanya itu, Guswanto mengatakan masyarakat dapat memperoleh informasi terkini dengan wilayah yang lebih terperinci dengan mengakses situs BMKG, media sosial BMKG, call Center dan mendatangi kantor BMKG tersebut

"Dapat mengakses di website https://www.bmkg.go.id, untuk prakiraan cuaca hingga level Kecamatan,a kun media sosial @infobmkg, Aplikasi iOS dan android "Info BMKG", Call center 196 BMKG, atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat," katanya.

Baca Juga: Baliho Ambruk di Simpang Empat Gejayan, Lalu Lintas Terganggu

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar