facebook

Bacaan Doa Iftitah Latin dan Jenis-jenisnya dari Mahdzab Syafii, Abu Daud dan Ali bin Abi Thalib

Rifan Aditya
Bacaan Doa Iftitah Latin dan Jenis-jenisnya dari Mahdzab Syafii, Abu Daud dan Ali bin Abi Thalib
Bacaan Doa Iftitah Latin dan Jenis-jenisnya - Ilustrasi Salat Gaib. (Elements Envato)

Ulasan tentang bacaan doa iftitah latin lengkap dengan jenis-jenis bacaannya yang dapat diamalkan dalam sholat sehari-hari

Suara.com - Doa iftitah merupakan salah satu bacaan sholat yang dibaca pada saat seseorang mendirikan ibadah ini. Doa iftitah dibaca setelah melakukan gerakan takbiratul ihram pada rakaat pertama dalam sholat. Ternyata, doa iftitah latin itu tidak hanya satu macam saja.

Membaca doa iftitah hukumnya adalah sunnah, hal ini berdasarkan kesepakatan mayoritas ulama seperti mahdzab Hanafiyah, mahdzab Hanabilah dan Malikiyah. Lalu bagaimana doa iftitah latin itu?

Perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa jenis bacaan doa iftitah yang ada, pada kesempatan ini kami akan mengulas tentang bacaan doa iftitah latin dan jenis-jenisnya, mari simak!

Bacaan Doa Iftitah Latin dan Jenisnya

Baca Juga: Bacaan Takbiratul Ihram dan Doa Iftitah, Lengkap dengan Artinya

Menyadur pada berbagai sumber, berikut adalah bacaan doa iftitah latin dan jenis-jenisnya yang perlu anda ketahui:

1.                   Doa Iftitah menurut Mazhab Syafi'i

Bacaan latin doa iftitah menurut Mazhab Syafi'i:

Allahumma baid bainii wa baina khathaayaaya kamaa baa'adta bainal masyriqi wal magribhi, Allahumma naqqini min khathaayaa kamaa yunaqqats tsaubul abyadhu minad danasi. Allaahummagh sil min khathaayaaya bil maai wa tsalji walbaradi. (HR. Bukhari, Muslim)

Artinya: Ya Allah, jauhkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana engkau jauhkan antara timur dan barat. Ya Allah, bersihkanlah aku dari kesalahan dan dosa-dosaku sebagaimana bersihnya pakaian putih dari kotoran. Ya Allah cucilah aku dari dosa-dosaku dengan air, salju dan embun.

Baca Juga: Bacaan Takbiratul Ihram: Syarat Sah, Tata Cara dan Doa Setelahnya

2.                   Doa Iftitah dari Abu Daud

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar