facebook

Heboh Pria Lumpuh Langsung Sembuh Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Ahli Kesehatan Kaget

Reza Gunadha | Rima Suliastini
Heboh Pria Lumpuh Langsung Sembuh Setelah Disuntik Vaksin Covid-19, Ahli Kesehatan Kaget
Ilustrasi vaksin covid-19. (Freepik)

"Suara saya kembali dan kaki saya juga bergerak," katanya. Dia sendiri berdiri dan berjalan.

Suara.com - Seorang pria di India mengaku sembuh dari kelumpuhan yang diderita selama 4 tahun setelah menerima vaksin Covid-19. Menyadur NDTV Rabu (19/1/2022), Dularchand Munda kehilangan suara dan menjadi lumpuh setelah kecelakaan.

Keluarga pria 55 tahun asal Jharkhand ini mengatakan ia sudah menerima perawatan pasca kecelakaan, tapi anggota tubuhnya tak dapat bekerja. Suaranya juga hilang.

Kemudian, 'keajaiban' terjadi ketika ia menerima suntikan vaksin Covid-19 Covishield pada 4 Januari 2022. "Suara saya kembali dan kaki saya juga bergerak," katanya. Dia sendiri berdiri dan berjalan.

Pria dari desa Salgadih di Bokaro ini mengatakan pada hari Jumat, "Senang telah mengambil vaksin ini. Saya bisa menggerakkan kaki saya setelah mengambil vaksin pada 4 Januari."

Baca Juga: Amankah Kombinasi Vaksin Covishield dan Covaxin? Ini Temuan Peneliti!

Ahli Bedah Sipil Bokaro Dr Jitendra Kumar mengatakan dia terkejut dan telah meminta pembentukan tim medis untuk menganalisis riwayat medis kasus tersebut.

Lima Tahun Lumpuh dan Tak Bisa Bicara, Lelaki Ini Mendadak Sembuh Usai Vaksin Covid-19. (Dok: ANI)
Lima Tahun Lumpuh dan Tak Bisa Bicara, Lelaki Ini Mendadak Sembuh Usai Vaksin Covid-19. (Dok: ANI)

“Kaget melihat ini. Tapi perlu dipastikan oleh ilmuwan. Jika dia pulih dari kondisi medis yang tidak lebih dari beberapa hari, itu bisa dipahami tapi pulih secara tiba-tiba dari kondisi medis empat tahun. setelah vaksin, itu luar biasa".

Penanggung jawab Puskesmas Petarwar Albel Kerketta mengatakan itu akan jadi subjek penelitian.

"Informasi dan jawaban yang akurat akan tersedia dalam beberapa hari mendatang ketika dunia medis akan melakukan penelitian tentang penyakit Dularchand Munda dan pemulihannya", katanya.

Dr Albel Kerketta mengatakan bahwa vaksin itu diberikan oleh pekerja pusat Anganwadi pada 4 Januari kepada Dularchand Munda dan keluarganya. Sejak 5 Januari, tubuh Pak Munda yang tak bernyawa mulai bergerak.

Baca Juga: Peneliti: Vaksin Mirip Covishield Bisa Melawan Virus Nipah

Guru desa Raju Munda mengatakan, kejadian itu bukanlah sebuah keajaiban karena menurutnya, Dularchand telah menjalani pengobatan dengan biaya 4 lakh namun tidak membuahkan hasil.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar