facebook

Kok Bisa Mobil Arteria Dahlan Pakai Pelat Nomor Polisi? Pimpinan DPR: Biasanya Karena Kedekatan Pribadi

Erick Tanjung | Novian Ardiansyah
Kok Bisa Mobil Arteria Dahlan Pakai Pelat Nomor Polisi? Pimpinan DPR: Biasanya Karena Kedekatan Pribadi
Anggota Komisi III DPR RI Arteria Dahlan (Suara.com/Novian)

"Secara teknis saya tidak tahu, karena biasanya itu hubungan pribadi ya apalagi Komisi III mitra mereka kan kepolisian," ujar Lodewijk.

Suara.com - Kendaraan roda empat milik anggota Komisi III DPR Arteria Dahlan sempat menjadi sorotan, karena mobil-mobil mewahnya yang berjejer parkir di DPR menggunakan pelat nomor polisi. Lantas mengapa bisa Arteria mendapat dan menggunakan pelat polisi tersebut?

Wakil Ketua DPR RI Bidang Politik dan Keamanan, Lodewijk F. Paulus mengatakan dirinya tidak tahu menahu ihwal dari mana Arteria mendapatkan pelat polisi.

Menurut Lodewijk, kemungkinan pelat nomor polisi itu didapat karena posisi Arteria di Komisi Hukum DPR yang bermitra dengan Kepolisian.

"Secara teknis saya tidak tahu, karena biasanya itu hubungan pribadi ya apalagi Komisi III mitra mereka kan kepolisian. Mungkin dari situ mereka ada komunikasi dengan Dirlantas untuk mendapatkan fasilitas itu," kata Lodewijk di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (21/1/2022).

Baca Juga: Pimpinan DPR Imbau Anggota Hargai Kearifan Lokal, Cegah Kegaduhan Arteria Dahlan Terulang

Sementara diakui Lodewijk, sebagai pimpinan DPR memang ada mobil yang khusus menggunakan pelat polisi. Namun sifatnya hanya sebagai mobil pengawalan, bukan kendaraan peruntukkan pribadi.

"Ya seperti saya sebagai Wakil Ketua DPR kan ada, walaupun kalau dilihat saya cenderung simpan. Pada saat saya keluar kota jauh maka saya tidak menggunakan motor untuk pengawalan tapi saya menggunakan yang mobil ini," kata Lodewijk.

"Karena satu jaraknya jauh mungkin hujan dan mungkin itu fasilitasnya saya belum tahu persis fasilitas. Tapi saya pikir itu hubungan pribadi yang bersangkutan dengan aparat yang terkait dengan itu," sambungnya.

Sebelumnya, Mahkamah Kehormatan Dewan atau MKD DPR RI merespons ihwal lima mobil milik Arteria Dahlan yang terpasang pelat nomor polisi yang sama, yakni 4196-07.

Diketahui kelima mobil milik Arteria yang berpelat sama itu terparkir berjejer di parkiran basement Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen Senayan. Menanggpi itu, Wakil Ketua MKD DPR Habiburokhman hanya merujuk pernyataan Polri bahwa pelat tersebut memang atas nama Arteria.

Baca Juga: Ulah Arteria Dahlan Ancam Suara PDIP di Jawa Barat, Megawati dan Jokowi Disarankan Juga Minta Maaf

"Soal pelat nomor itu kan sudah disampaikan oleh Polri memang atas nama Pak Terry (Arteria). Mungkin itu didapat saat periode lalu, sebelum 2019 saya juga gak paham," kata Habiburokhman kepada wartawan, Kamis (20/1).

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar