facebook
Cek Fakta

Cek Fakta adalah bagian dari produk jurnalistik yang dikerjakan khusus oleh tim redaksi Suara.com dengan metode tersendiri. Selangkapnya di sini

CEK FAKTA: Bisnis Gibran Rakabuming Raka Dapat Suntikan Dana Rp 17 Miliar, Benarkah?

Reza Gunadha | Ruth Meliana Dwi Indriani
CEK FAKTA: Bisnis Gibran Rakabuming Raka Dapat Suntikan Dana Rp 17 Miliar, Benarkah?
CEK FAKTA Bisnis Gibran Rakabuming Raka Dapat Suntikan Dana Rp 17 Miliar. (Turnbackhoax.id)

Beredar narasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapatkan suntikan dana senilai Rp 17 miliar untuk bisnisnya. Benarkah?

Suara.com - Beredar narasi Wali Kota Solo sekaligus Putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka mendapatkan suntikan dana senilai Rp 17 miliar untuk bisnisnya.

Narasi ini dibagikan oleh akun Facebook bernama Anisa Rosa. Akun ini mengunggah tangkapan layar berupa cuitan Twitter Zainal Abdi Alamsyah.

Dalam cuitan tersebut, terdapat foto Gibran Rakabuming Raka sedang mengangkat sebuah katak. Foto itu dilengkapi dengan link artikel democrazy.id dengan narasi Gibran telah mendapatkan suntikan dana Rp 17 miliar.

Adapun narasi yang dibagikan sebagai berikut:

Baca Juga: Respon Pengesahan UU IKN, Nicho Silalahi Minta Jokowi Segera Pindah Biar Istana Negara Dibikin Rumah Tinggal

Wow Bisnis Cbong Gibran Dapat Suntikan Dana 17 Milyar

CEK FAKTA Bisnis Gibran Rakabuming Raka Dapat Suntikan Dana Rp 17 Miliar. (Turnbackhoax.id)
CEK FAKTA Bisnis Gibran Rakabuming Raka Dapat Suntikan Dana Rp 17 Miliar. (Turnbackhoax.id)

Lantas benarkah klaim tersebut?

PENJELASAN

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Suara.com, narasi Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mendapatkan suntikan dana senilai Rp 17 miliar untuk bisnisnya tidak benar.

Faktanya, konten tersebut merupakan hasil manipulasi dari aslinya. Hal ini terlihat dari tanggal cuitan Twitter akun Abdi Alamsyah.

Baca Juga: Kecelakaan Muara Rapak Dapat Atensi Presiden Jokowi, Perwali Langsung Direvisi, Rahmad Mas'ud Kembali Singgung Flyover

Gambar dan narasi yang ada bukan memperlihatkan Gibran sedang memegang katak. Foto asli menunjukkan Gibran tengah memegang 2 gelas es doger yang merupakan bisnisnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Catatan Redaksi:
Artikel ini merupakan bagian dari konten Cek Fakta Suara.com. Dibuat seakurat mungkin dengan sumber sejelas mungkin, namun tidak mesti menjadi rujukan kebenaran yang sesungguhnya (karena masih ada potensi salah informasi). Lebih lengkap mengenai konten Cek Fakta bisa dibaca di laman ini. Pembaca (publik) juga dipersilakan memberi komentar/kritik, baik melalui kolom komentar di setiap konten terkait, mengontak Redaksi Suara.com, atau menyampaikan isu/klaim yang butuh diverifikasi atau diperiksa faktanya melalui email cekfakta@suara.com.

Komentar