facebook

6 Fakta Imlek: Shio, Makanan Khas, Barongsai hingga Ditetapkan Menjadi Hari Libur Nasional

Rifan Aditya
6 Fakta Imlek: Shio, Makanan Khas, Barongsai hingga Ditetapkan Menjadi Hari Libur Nasional
6 Fakta Imlek: Shio, Makanan Khas, Barongsai hingga Ditetapkan Menjadi Hari Libur Nasional - Ilustrasi imlek, angpao, tahun baru china (elemen envato)

Fakta imlek mana yang menarik untukmu? Apakah itu tentang kue keranjangnya atau tarian naga dan liong?

Suara.com - Imlek adalah perayaan Tahun Baru China. Di empat musim negara itu juga populer sebagai Festival Musim Semi, untuk menyambut musim semi. Karena didasarkan pada kalender lunar, tanggal bervariasi setiap tahun. Tahun ini kita merayakan Tahun Baru Cina 2573 pada tanggal 1 Februari 2022. Yuk, kita cari tahu fakta Imlek.

Ada beberapa fakta Imlek yang menarik, seperti adanya shio atau simbol zodiac yang akan mewarnai Tahun Baru Imlek setiap tahunnya. Tahun ini, Imlek akan menjadi tahun milik shio macan. Apalagi fakta Imlek yang menarik? simak ulasannya di bawah ini. 

1. Satu Zodiak China atau Shio Setiap Imlek

Satu fakta Imlek yang penting dan menarik serta menjadi ciri khasnya ialah ada satu zodiak china di setiap imlek. Dalam Zodiak Cina, ada dua belas Zodiak Cina yaitu: tikus, lembu, harimau/macan, kelinci, naga, ular, kuda, domba / kambing, monyet, ayam jantan, anjing, dan babi.

Baca Juga: Imlek 2022, Vihara Amurva Bhumi Jakarta Selatan Tiadakan Pertunjukan Barongsai

Ilustrasi Imlek 2022, Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2022 (Freepik)
Ilustrasi Imlek 2022, Link Twibbon Tahun Baru Imlek 2022 (Freepik)

Masing-masing Zodiak Cina memiliki lima elemen: kayu, logam, air, api, dan bumi. Zodiak Cina ini dan elemen-elemennya bergiliran setiap tahun. Oleh karena itu, kombinasi yang sama hanya akan terjadi setiap 60 tahun. Tahun ini adalah waktu untuk Harimau/ shio Macan dengan unsur Air.

2. Menjadi Waktu Berkumpul dengan Keluarga

Ilustrasi Imlek, 10 Kata-kata dan Ucapan Imlek 2022 (Pexels)
Ilustrasi Imlek, 10 Kata-kata dan Ucapan Imlek 2022 (Pexels)

Imlek adalah waktu untuk berkumpul keluarga dan bersama-sama bedoa untuk mengharapkan kesehatan dan kemakmuran yang baik untuk seluruh anggota keluarga. Orang Tionghoa Indonesia memiliki tradisi untuk makan malam keluarga pada malam tahun baru Imlek. Beberapa melanjutkan dengan tradisi berdoa di kuil.

Pada hari tahun baru, anggota keluarga yang lebih muda mengunjungi orang tua dan penatua mereka untuk menyambut mereka dan anak-anak biasanya mendapatkan hongbao, amplop merah berisi uang. Hangbao ini menjadi simbol berkat dari yang lebih tua kepada yang muda.

3. Momen penting memakai pakaian baru

Baca Juga: Peruntungan Shio Babi di Tahun Macan Air 2022, Munculnya Berbagai Permasalahan Membuat Anda Lebih Dewasa

Artis Rayakan Imlek. (Instagram/yuanitachrist)
Artis Rayakan Imlek. (Instagram/yuanitachrist)

Biasanya orang Tionghoa akan memakai pakaian baru pada hari tahun baru dan mereka lebih suka yang merah. Mereka percaya merah akan menjauhkan mereka dari roh jahat dan nasib buruk.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar