facebook

4 Cara Merayakan Tahun Baru Imlek di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19 Varian Omicron, Pastikan Tetap Jaga Prokes!

Chyntia Sami Bhayangkara
4 Cara Merayakan Tahun Baru Imlek di Tengah Lonjakan Kasus Covid-19 Varian Omicron, Pastikan Tetap Jaga Prokes!
Ilustrasi Imlek, cara Merayakan Tahun Baru Imlek saat pandemi covid-19 (pexels)

Simak berikut cara merayakan Tahun baru Imlek saat Pandemi Covid-19, pastikan tetap menjaga prokes agar memutus rantai penyebaran Covid-19.

Suara.com - Tahun Baru Imlek 2022 akan segera dirayakan oleh setiap masyarakat Tionghoa di seluruh dunia. Perayaan Imlek ini biasanya digunakan sebagai momen untuk berkumpul bersama keluarga besar dan melaksanakan berbagai macam tradisi khas Tahun Baru Imlek. Sayangnya, saat ini masih berada di tengah situasi Pandemi Covid-19. Bagaimana cara merayakan Tahun Baru Imlek saat pandemi Covid-19?

Situasi pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat tidak berkerumun dan membuat acara yang dihadiri oleh banyak orang. Sebagai bentuk mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, Imlek juga masih dapat dirayakan tanpa mengurangi esensi dan maknanya itu sendiri. Lalu bagaimana cara merayakan Tahun Baru Imlek 2022 ditengah kondisi Pandemi Covid-19 ini? Simak ulasannya berikut ini. 

Merayakan Imlek bersama keluarga inti di rumah

Masyarakat Tionghoa diimbau untuk merayakan Tahun Baru Imlek bersama keluarga inti yang tinggal bersama dalam satu rumah. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya interaksi dengan orang lain yang berpotensi dapat memperluas penyebaran Covid-19. 

Baca Juga: Gejalanya Lebih Ringan, Direktur WHO Tegaskan Jangan Anggap Remeh Penularan Varian Omicron

Selain itu, kamu juga dapat melakukan silaturahmi dengan melakukan panggilan video bersama keluarga besar yang merayakannya. Hal ini tanpa mengurangi makna perayaan Tahun Baru Imlek itu sendiri.

Memberikan angpao secara digital

Tradisi memberikan angpao juga dapat dilakukan dengan cara mengirimkan uang secara digital melalui transfer dompet digital (e-wallet) atau menggunakan m-banking. Dengan keterbatasan jarak dan mudahnya akses internet, kamu tidak harus bepergian untuk memberikan angpao. Sehingga tradisi memberikan angpao masih tetap berjalan.

Membersihkan rumah

Menyambut Tahun Baru Imlek rasanya kurang sempurna jika tidak membersihkan seisi rumah. Tidak hanya itu, kamu bersama keluarga inti juga dapat mendekorasi rumah dengan mengecat ulang tembok, pintu, membersihkan jendela, menambah pernak pernik berwarna merah khas Imlek. Warna merah dipercaya dapat mengusir makhluk buas atau yang dikenal sebagai Nian pada Tahun Baru Imlek.

Baca Juga: Ini Dekorasi Imlek yang Dipercaya Membawa Keberuntungan

Makan malam bersama keluarga

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar