facebook

Surah Al Isra Ayat 23 : Kewajiban Anak Berbakti Kepada Kedua Orangtua

Pebriansyah Ariefana
Surah Al Isra Ayat 23 : Kewajiban Anak Berbakti Kepada Kedua Orangtua
Ilustrasi berdoa, Doa Sapu Jagat (Freepik)

Makna surah Al Isra ayat 23 yang mewajibkan seorang anak berbakti kepada kedua orang tua. Serta perintah untuk beribadah hanya kepada Allah SWT.

Suara.com - Berbakti kepada orang tua telah diperintahkan oleh Allah SWT di dalam Al Quran surah Al Isra ayat 23. Setiap anak wajib hukumnya berbakti kepada ibu dan bapaknya. 

Surah Al Isra sendiri merupakan surah ke 17 dalam urutan Al-Qur'an.  Surah ini termasuk ke dalam golongan surah Makkiyah karena turun di kota Mekah. 

Berikut ini bacaan latin dan terjemahan surah Al Isra ayat 23: 

Wa qadhaa rabbuka allaa ta'budu illaa iyyaahu wabil waalidaini ihsaanaa imma yablughonna 'indakal kibaro auw kilaahuma falaa taqul lahumaa uffin walaa tanharhumaa waqul lahumaa qaulan kariimaa. 

Baca Juga: Surah Al Maidah Ayat 48: Bacaan Latin, Terjemahan dan Isi Kandungannya yang Wajib Diketahui

Artinya: "Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.

Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berumur lanjut dalam pemeliharaanmu maka sekali-kali janganlah kamu mengatakan kepada keduanya perkataan 'ah' dan janganlah kamu membentak mereka, dan ucapkanlah kepada mereka perkataan yang mulia.” (QS. Al Isra: 23). 

Makna Surah Al Isa Ayat 23Menurut tafsir Wahbah Zuhaily, ayat ini memerintahkan agar manusia tidak menyembah kepada selain Allah SWT.

Dari tafsir ini mengandung dua pengertian, yaitu menyibukkan diri dengan menyembah kepada Allah dan menjaga diri dari menyembah selain Allah. 

Hal ini dikarenakan ibadah adalah puncak pengagungan, dan tidak ada yang berhak atas hal tersebut kecuali Allah SWT.

Baca Juga: Dua Ayat Terakhir Surat Al Baqarah Latin, Arti dan Keutamaan yang Wajib Diketahui, Agar Dapat Pahala Besar!

Karena hanya Allah yang mampu memberikan nikmat, mulai dari menciptakan manusia, mengatur kehidupan, menciptakan kemampuan dan memberi akal pada manusia. Sehingga membuatnya berbeda dengan makhluk ciptaan Allah lainnya. 

Ayat ini menegaskan ketetapan yang merupakan perintah Allah SWT untuk mengesakan Allah dalam beribadah, mengikhlaskan diri dan tidak mempersekutukan-Nya. Selian itu, Allah juga memerintahkan seorang anak untuk senantiasa berbakti kepada kedua orang tuanya. 

Bahkan dalam surah Al Isra ayat 23 dijelaskan bahwa berbakti kepada ibu bapak atau menghormati kedua orangtua adalah kewajiban yang kedua setelah beribadah kepada Allah. 

Ringkasan makna surah Al Isra ayat 23 yaitu:

  1. Perintah untuk menyembah hanya kepada Allah SWT.
  2. Akhlak seorang muslim terhadap Allah dan kedua orang tua.
  3. Kewajiban seorang anak untuk berbakti kepada kedua orang tua yang diperintahkan oleh Allah.
  4. Larangan berkata kasar atau buruk kepada orang tua, seperti "ah" yang menandakan kekesalan dan keluhan.
  5. Larangan membentak kepada orang tua.6. Perintah untuk senantiasa beradap dan menghormati kedua orang tua. 

Demikian tadi ulasan mengenai surah Al Isra yang memerintahkan seorang anak yang wajib menghormati dan memuliakan kedua orang tua. Semoga bermanfaat untuk kita semua. 

Kontributor : Putri Ayu Nanda Sari

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar