facebook

Surah Al Maidah Ayat 48: Bacaan Latin, Terjemahan dan Isi Kandungannya yang Wajib Diketahui

Chyntia Sami Bhayangkara
Surah Al Maidah Ayat 48: Bacaan Latin, Terjemahan dan Isi Kandungannya yang Wajib Diketahui
Ilustrasi Al Quran, Surah Al Maidah ayat 48 (Pixabay)

Surah Al Maidah Ayat 48, Terjemahan dan Isi Kandungannya

Suara.com - Surah Al Maidah merupakan surah ke-5 dalam Al-Quran yang terdiri dari 120 ayat. Surah ini termasuk surah Madaniyah karena diturunkan saat Rasulullah SAW berhijrah ke Madinah, yakni ketika melaksanakan Haji Wada’. Pada artikel ini kita akan membahas surah Al Maidah ayat 48.

Surah Al Maidah menjelaskan tentang anugerah dan kebenaran tentang Al-Quran sebagai pedoman hidup umat manusia. Hal ini tidak terkecuali dengan Surah Al Maidah ayat 48.

Surah Al Maidah ayat 48 menjelaskan tentang kitab suci Al-Quran yang turun kepada Nabi Muhammad SAW. Al-Quran merupakan kitab suci yang membawa kebenaran dan melengkapi kitab suci yang turun sebelumnya. 

Berikut ini adalah bacaan surah Al Maidah ayat 48 beserta terjemahan dan isi kandungannya yang wajib untuk diketahui oleh setiap umat muslim.

Baca Juga: Niat Sholat Jumat, Rukun, Tata Cara, dan Hukumnya Jika Telat Datang ke Masjid

Bacaan Surat Al Maidah ayat 48 beserta terjemahannya

"Wa anzalnaa ilaikal-kitaba bil haqqi mushaddiqal lima baina yadaihi minal kitaabi wa muhaiminan ‘alaihi fahkum bainahum bimaa anzalallahu wa laa tattabi’ ahwaa-ahum ‘ammaa jaa-aka minal haqq, likullin ja'alnaa mingkum syir'ataw wa min-haajaa, walau syaa`allahu laja'alakum ummataw waahidataw wa laakil liyabluwakum fii maa aataakum fastabiqul-khairaat, ilallahi marji'ukum jamii'an fa yunabbi’ ukum bimaa kuntum fiihi takhtalifuun."

Artinya: “Dan Kami telah menurunkan Kitab (Al-Qur'an) kepadamu (Muhammad) dengan membawa kebenaran, yang membenarkan kitab-kitab yang diturunkan sebelumnya dan menjaganya, maka putuskanlah perkara mereka menurut apa yang diturunkan Allah dan janganlah engkau mengikuti keinginan mereka dengan meninggalkan kebenaran yang telah datang kepadamu.

Untuk setiap umat di antara kamu, Kami berikan aturan dan jalan yang terang. Kalau Allah menghendaki, niscaya kamu dijadikan-Nya satu umat (saja), tetapi Allah hendak menguji kamu terhadap karunia yang telah diberikan-Nya kepadamu, maka berlomba-lombalah berbuat kebajikan. Hanya kepada Allah kamu semua kembali, lalu diberitahukan-Nya kepadamu terhadap apa yang dahulu kamu perselisihkan." (QS. Al Maidah: 48)

Isi Kandungan Surah Al Maidah ayat 48

Baca Juga: 5 Doa Meminta Jodoh: Bacaan Latin untuk Laki-laki dan Perempuan Agar Diberi Belahan Jiwa Sehidup Semati

Surah Al Maidah ayar 48 memiliki isi kandungan yang wajib untuk diketahui dan dipahami oleh setiap umat muslim. Dalam Al-Quran surah Al Maidah menjelaskan bahwa Al-Quran merupakan kitab suci yang diturunkan yang membenarkan atas kitab-kitab sebelumnya. Hal ini karena kitab-kitab sebelum Al-Quran telah diubah oleh manusia sehingga menjadi tidak otentik lagi.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar