facebook

Cara Mandi Wajib Pria, Lengkap dengan Panduan dan Bacaan Niat Mandi Junub

Chyntia Sami Bhayangkara
Cara Mandi Wajib Pria, Lengkap dengan Panduan dan Bacaan Niat Mandi Junub
Ilustrasi mandi, cara mandi wajib pria (Freepik)

Selain untuk mensucikan dan membersihkan diri, mandi wajib juga dilaksanakan agar bisa melakukan ibadah shalat. Adapun tata cara mandi wajib pria yakni sebagai berikut.

Suara.com - Bagi pria maupun wanita aqil baligh yang melakukan hadas besar, sudah sewajibnya membersihkan diri dengan melakukan mandi wajib. Selain untuk mensucikan dan membersihkan diri, mandi wajib juga dilaksanakan agar bisa melakukan ibadah shalat. Adapun tata cara mandi wajib pria yakni sebagai berikut.

Diketahui, Mandi wajib ini disebut juga dengan istilah mandi junub, mandi besar, atau mandi janabat yang mana dilakukan dengan niat untuk menghilangkan janabat atau hadas besar. Lantas, bagaimana cara mandi wajib pria?

Penting untuk diketahui tata cara mandi wajib pria. Terutama bagi seorang muslim yang akan mensucikan dan membersihkan diri dari hadas besar. Pasalnya, mandi wajib ini adalah salah satu syarat sah shalat bagi yang telah melakukan hadas besar.

Melansir dari sejumlah sumber, berikut ini beberapa hal yang membuat seseorang diwajibkan untuk melakukan mandi wajib.

Baca Juga: Doa Mandi Wajib Puasa Ramadhan Lengkap dengan Tata Cara Melakukannya yang Perlu Diperhatikan

• Keluarnya mani akibat berhubungan badan maupun onani

• Berhubungan badan walaupun tidak keluar mani

• Mimpi Basah

Tata Cara Mandi Wajib Pria

Setelah mengetahui beberapa hal penyebab mandi wajib, berikut ini tata cara mandi wajib pria yang penting untuk diketahui.

Baca Juga: Tata Cara Mandi Wajib Sebelum Puasa Ramadhan 2022

1. Bacalah niat mandi junub atau mandi wajib. Adapun bacaan niat mandi wajib jika habis melakukan janabat yakni sebagai berikut:

Komentar