facebook

Tak Sesuai Aturan, Anies Diminta Kembalikan Nama JIS Jadi Stadion BMW

Dwi Bowo Raharjo | Fakhri Fuadi Muflih
Tak Sesuai Aturan, Anies Diminta Kembalikan Nama JIS Jadi Stadion BMW
Nama Jakarta International Stadium (JIS) diminta untuk diubah menjadi Stadiun BMW.(instagram/@jakarta_stadium)

"Penamaan Stadion BMW itu oleh pak Foke."

Suara.com - Ketua fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono meminta Gubernur Anies Baswedan segera mengganti nama Jakarta International Stadium (JIS).

Gembong mengusulkan agar stadion kandang klub sepak bola Persija Jakarta itu dikembalikan ke Stadion Bersih Manusiawi Wibawa (BMW).

Nama stadion BMW merupakan nama JIS ketika masih direncanakan di era Gubernur Fauzi Bowo. Ia menilai nama itu lebih cocok karena merepresentasikan warga Jakarta.

"Penamaan Stadion BMW itu oleh pak Foke, kenapa BMW? Karena itu menandakan itu adalah ikon Jakarta saat itu. Bersih, manusiawi, wibawa itu waktu itu ikonnya Jakarta," ujar Gembong saat dihubungi, Rabu (11/5/2022).

Baca Juga: Ungkap Alasan Pemilihan Nama JIS, Wagub DKI: di Jakarta Banyak Warga Asing

Karena itu, nama Stadion BMW disebutnya lebih cocok ketimbang JIS. Anies juga tidak melanggar aturan jika menggunakan nama itu.

"Saya kira untuk membangun rasa memiliki yang tinggi lebih tepat (menggunakan nama Stadion BMW) dibandingkan dengan JIS," jelasnya.

Gembong juga menilai penamaan JIS hanya bertujuan memberikan kesan intelektual semata. Padahal, menurutnya yang paling penting adalah memilih nama yang membawa kebanggaan.

"Enggak ada urgensinya (mengedepankan intelektual), justru yang harus dibangun iti kebanggaan kita sendiri. Kita harus mewariskan kti ke anak cucu kita, kita harus bangga bahasa persatuan kita," pungkasnya.

Baca Juga: Puji Hasil Kampung Susun Bayam, Pengamat: Anies Memang Jago Soal Urusan Public Policy

Komentar