facebook

5 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, Diampuni Dosanya Antara Dua Jumat

Chyntia Sami Bhayangkara
5 Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat, Diampuni Dosanya Antara Dua Jumat
Ilustrasi Membaca Al-Quran - Keutamaan Membaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat (Pixabay)

Salah satu surat dalam Al-Quran yang sangat dianjurkan untuk dibaca adalah surat Al Kahfi pada hari Jumat. Simak 5 keutamaan membaca surat Al Kahfi di haru Jumat berikut ini.

Suara.com - Membaca Al-Quran merupakan suatu amalan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat muslim. Salah satu surat dalam Al-Quran yang sangat dianjurkan untuk dibaca adalah surat Al Kahfi pada hari Jumat. Sehingga penting untuk keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat

Surat Al Kahfi merupakan surat ke-18 dalam urutan Al-Quran yang terdiri dari 110 ayat. Surat ini merupakan jenis surat Makkiyah karena turun di kota Makkah. Surat ini menjadi surat penengah antara juz 15-16 karena ayat-ayat di dalamnya berada di akhir dari juz 15 sampai di awal juz 16. Lantas, apa keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat?

Al Kahfi (gua) disebut juga sebagai Ashabul Kahf. Penyebutan ini tidak terlepas dari kisah sekelompok pemuda yang tertidur di dalam gua. Sekelompok pemuda berada di dalam gua lantaran menghindar dari seorang raja yang memerintahkan mereka untuk menyembah berhala. Sebelum mengetahui keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat, simak waktu terbaik membaca surat Al Kahfi berikut ini.

Waktu Terbaik Membaca Surat Al Kahfi

Baca Juga: Bacaan Doa Tahajud Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Arti serta Tata Caranya

Salah satu waktu terbaik membaca surat Al Kahfi adalah hari Jumat. Nabi Muhammad SAW menjelaskan dalam sebuah hadist yang artinya: 

"Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat." (HR. Abu Bakr bin Mardawaih). 

Lantas apa saja keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat? Simak ulasannya berikut ini. 

5 Keutamaan Mebaca Surat Al Kahfi di Hari Jumat 

Berikut ini beberapa keutamaan membaca surat Al Kahfi di hari Jumat: 

Baca Juga: Doa Setelah Membaca Surat Al Waqiah, Lengkap dengan Keutamaan Membacanya

1. Di Ampuni Segala Dosa di antara Dua Hari Jumat 

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar