facebook

Warga 39 Distrik Pedalaman Papua Dapat Lampu Penerangan Tenaga Surya

Erick Tanjung
Warga 39 Distrik Pedalaman Papua Dapat Lampu Penerangan Tenaga Surya
Sejumlah permukiman di Kabupaten Lanny Jaya, Papua, dipasangi jaringan listrik tenaga surya karena belum dijangkau jaringan listrik PT PLN. ANTARA/Marius F Yewun

Ada 353 kampung yang tersebar di 39 distrik yang dipasangi lampu tenaga surya.

Suara.com - Warga di 39 distrik di pedalaman Papua mendapat listrik tenaga surya hemat energi bantuan pemerintah pusat.

Pejabat Pemerintah di Kabupaten Lanny Jaya, Michael Alom mengatakan, ada 353 kampung yang tersebar di 39 distrik itu yang dipasangi lampu tenaga surya.

"Jadi penyerahan LTSHE ini dari ujung Beam-Kuyawage semua dapat dan masyarakat merasakan manfaat penerangan itu, terutama anak-anak sekolah mereka bisa belajar malam. Karena kami Lanny Jaya termasuk daerah 3T," kata Michael di Wamena, Kamis (19/5/2022).

Karena Kabupaten Lanny Jaya sangat luas dan hingga kini belum ada jaringan listrik dari PLN maka jaringan listrik tenaga surya itu sangat membantu mereka yang semula tidak mengenal jaringan listrik.

Baca Juga: Pembunuh Anggota Babinsa dan Bidan di Kabupaten Lanny Jaya Papua Ditangkap

"Tenaga surya ini setahu saya 39 distrik sudah disalurkan tahun kemarin. Kalau jumlah unit itu saya belum tahu karena saya baru dilantik," ujarnya.

Ia memastikan pemerintah setempat mengawasi agar bantuan itu dijual diam-diam, sebab sebelumnya ada beberapa oknum yang menjual perangkat bantuan itu. "Kami sudah sampaikan kepada masyarakat, termasuk mengawasi dan tidak ada masyarakat yang menjual lampu ini karena kalau kedapatan kami akan berikan sanksi," katanya.

Berdasarkan pantauan Antara, sebagian besar masyarakat di sejumlah kabupaten di pegunungan Papua, termasuk Lanny Jaya, Yalimo, bahkan Jayawijaya, belum menikmati listrik PT PLN. Mereka masih mengandalkan listrik tenaga surya dan juga menggunakan pelita atau api sebagai penerang. 

Komentar