facebook

7 Gejala Flu Singapura pada Anak yang Wajib untuk Diwaspadai!

Chyntia Sami Bhayangkara
7 Gejala Flu Singapura pada Anak yang Wajib untuk Diwaspadai!
Gejala Flu Singapura pada Anak, Wajib untuk Diwaspadai!. (Pexels)

Berikut ini Beberapa Gejala Flu Singapura pada Anak, Wajib untuk Diwaspadai!

Suara.com - Seiring pergantian cuaca, tidak sedikit orang yang mengalami penyakit, salah satunya seperti sakit flu singapura yang menyerang anak-anak. Waspadai beberapa gejala flu singapura pada anak berikut ini.

Flu Singapura atau yang dikenal sebagai penyakit tangan, kaki, dan mulut (Hand Foot and Mouth Disease/HFMD) ini merupakan penyakit yang dapat menular dan menyerang anak-anak. Lantas bagaimana gejala Flu Singapura pada anak ini? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu Flu Singapura?

Penyakit flu Singapura ini umumnya menyerang anak yang berusia 5 tahun sampai 10 tahun dan bisa saja dapat menyerang orang dewasa. Flu Singapura ini disebabkan oleh virus Coxsackie atau Coxsackievirus A16 dan EV71 yang hidup di tenggorokan, cairan hidung, tinja, ludah hingga ruam pada kulit.

Baca Juga: Deretan Virus yang Mulai Bermunculan Setelah Covid-19, Jadi Ancaman Dunia!

Dikutip dari laman Centers for Disease Control and Prevention, flu Singapura ini dapat menyebar melalui kontak fisik secara langsung dengan penderita, menyentuh barang yang terkontaminasi hingga penyebaran melalui udara.

Penyakit ini mudah menular kepada anak ketika berada di sekolah, ruang bermain hingga pusat penitipan anak. Oleh karena itu, para orang tua diharapkan untuk selalu waspada akan penyebaran penyakit ini kepada anak.

Gejala Flu Singapura

Para orang tua dapat mewaspadai akan penularan flu Singapura pada anak dengan mengetahui gejalanya sebagai berikut.

Demam

Baca Juga: Apa itu Flu Singapura?

Gejala utama pada penyakit flu Singapura ini dapat dilihat melalui kondisi sang anak, apakah mengalami demam hingga tubuh lemas atau tidak. Demam menjadi pertanda anak bisa saja mengalami flu Singapura yang menyerang tubuh.

Komentar