facebook

Bacaan Doa Banjir Beserta Artinya, Bacalah Agar Mendapat Keselamatan

Chyntia Sami Bhayangkara
Bacaan Doa Banjir Beserta Artinya, Bacalah Agar Mendapat Keselamatan
Bacaan Doa Banjir Beserta Artinya. (Pexels/Chris F)

Berikut ini bacaan Doa Banjir Beserta Artinya

Suara.com - Pergantian musim ini membuat masyarakat tetap waspada terhadap cuaca yang tidak menentu, salah satunya adalah curah hujan yang tinggi. Curah hujan yang tinggi bisa saja membuat suatu daerah mengalami banjir kapan saja. Hal ini dapat menyebabkan aktivitas masyarakat seperti biasanya terganggu. Lantas, apakah ada doa banjir?

Banjir dapat menimpa suatu daerah kapan saja yang sulit untuk diprediksi. Oleh karenanya umat Islam dianjurkan untuk membaca doa banjir. Masyarakat perlu untuk waspada akan datangnya banjir dengan melakukan beberapa tindakan preventif seperti tidak membuang sampah di sungai, tidak menebang pohon secara liar, membuat saluran air dan lain sebagainya.

Dengan musibah banjir ini yang bisa datang kapan saja, kita diharapkan untuk senantiasa mengamalkan bacaan doa banjir yang diajarkan oleh Rasulullah SAW. Bacaan doa banjir ini semata-mata untuk meminta perlindungan dan pertolongan kepada Allah SWT untuk dihindarkan dari segala macam musibah yang dapat menimpa kita.Lantas bagaimana bacaan doa banjir beserta artinya ini? Simak ulasannya berikut ini.

Doa Saat Hujan Deras

Baca Juga: Cara Cek Banjir di Google Maps, Simak Langkahnya Agar Tidak Macet dan Terjebak Genangan Air

Umat muslim dapat membaca doa banjir ini ketika sedang terjadi hujan deras. Dengan ini, kita akan tetap terasa lebih aman dan tidak khawatir. Doa ini untuk meminta agar hujan tidak mengguyur secara deras dan dapat merusak hal yang berada di sekitar kita.

“Allahumma haawalaina wala 'alaina. Allahumma 'alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari." (HR. Bukhari)

Artinya: "Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan."

Doa Ketika Mendengar Petir

Baca doa ini ketika mendengar petir yang keras dan bisa saja mengancam suatu tempat. Pada umumnya, suara petir yang keras juga dibarengi dengan angin kencang dan curah hujan yang tinggi. Doa ini niscaya dapat membuat lebih tenang dan terasa aman.

Baca Juga: Kurangi Banjir Rob, Pakar Setop Penggunaan Air Tanah Skala Besar di Utara Jawa

"Subhaanalladzii yusabbihur ro'du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih." (HR. Imam Malik)

Komentar