facebook

Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Gus Jazil PKB Kenang Momen Sowan Bareng Cak Imin

Bangun Santoso | Bagaskara Isdiansyah
Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Gus Jazil PKB Kenang Momen Sowan Bareng Cak Imin
Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid [Suara.com/Ria Rizki]

Jazilul mengenal Buya Syafii Maarif sebagai sosok ulama yang berintegritas

Suara.com - Wakil Ketua Umum PKB, Jazilul Fawaid turut menyampaikan belasungkawa atas meninggalnya mantan ketua umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Ahmad Syafii Maarif. Jazilul mengenal Buya Syafii Maarif sebagai sosok ulama yang berintegritas.

Pria yang akrab disapa Gus Jazil ini menilai alharhum merupakan tokoh panutan dan teladan bagi bangsa Indonesia.

Menurutnya, berbagai ide dan gagasan semasa hidupnya harus terus dihidupkan dan diperjuangkan bagi kemajuan agama dan negara.

Bahkan Gus Jazil mengaku punya kenangan khusus ketika mendampingi Ketum PKB Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin bersilaturami dengan Buya Syafii semasa hidup. Menurutnya, Buya Syafii kala itu sempat menyebut Cak Imin dengan julukan The Real Politician.

Baca Juga: Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, Sosok Dan Kebaikannya Tak Pernah Habis Dibicarakan

"Hal yang saya sangat terkesan dari Buya Syafii, ketika saya sowan mendampingi Gus Muhaimin (Ketum DPP PKB), beliau mengatakan 'Gus Muhaimin is the real politician'," kata Gus Jazil kepada wartawan, Jumat (27/5/2022).

Selain itu, Gus Jazil juga mengklaim Buya Syafii memberikan semangat ke Cak Imin agar menjadi politisi yang negarawan.

"Beliau tetap mengingatkan dan memberikan semangat agar Pak Muhaimin dan kita semua bisa menjadi politisi yang negarawan, dan menjadi politisi negarawan itu sulit. Tapi beliau sudah memberikan contoh bagi kita semua bagaimana menjadi seorang negarawan yang baik," tuturnya.

Untuk diketahui, kabar duka datang dari Muhammadiyah, mantan ketua umum PP Muhammadiyah, Buya Ahmad Syafii Maarif meninggal dunia di RS PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Yogyakarta pada pukul 10.15 WIB, Jumat (27/5/2022) hari ini.

Informasi meninggalnya Buya Syafii Maarif ini disebarkan oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir.

Baca Juga: Buya Syafii Maarif Meninggal Dunia, PPP: Beliau Tak Silau Kekuasaan, Tidak Juga Tergiur Pusaran Politik

"Muhammadiyah dan bangsa Indonesia berduka. Telah wafat Buya Prof Dr H Ahmad Syafii Maarif pada hari Jumat tgl 27 Mei 2022 pukul 10.15 WIB di RS PKU Muhammadiyah Gamping," kata Haedar Nashir.

Haedar mendoakan almarhum husnul khatimah, diterima amal ibadahnya, diampuni kesalahannya, dilapangkan kuburnya dan ditempatkan di jannatun na'im.

Komentar