facebook

Pendaftaran Gelombang 33 Dibuka Lagi, Ini Manfaat Kartu Prakerja!

Farah Nabilla
Pendaftaran Gelombang 33 Dibuka Lagi, Ini Manfaat Kartu Prakerja!
Manfaat kartu prakerja [prakerja.go.id]

Presiden Jokowi baru baru ini mengungkap bahwa sebanyak 12,8 juta masyarakat Indonesia telah menerima manfaat dari kartu prakerja.

Suara.com - Pendaftaran gelombang 33 Kartu Prakerja dibuka lagi. Segudang manfaat sudah dirasakan para peserta yang berhasil mengikuti program ini. Apa saja manfaat kartu prakerja tersebut?

Dalam acara #TemuRaya yang diadakan untuk para alumni kartu prakerja dan jajaran pemerintah di Sentul International Convention Center pada Jumat, (17/06/2022) kemarin, Presiden RI Joko Widodo mengungkap bahwa program kartu prakerja telah diterima manfaatnya oleh lebih dari 12,8 juta masyarakat di seluruh Indonesia. Tak hanya itu, Jokowi juga mengungkap skill atau kemampuan para peserta kartu prakerja ini juga telah meningkat sehingga talenta muda Indonesia yang siap untuk berkontribusi terhadap negara jumlahnya juga meningkat.

Lalu, apa sebenarnya manfaat dari program kartu prakerja bagi setiap individu yang menerimanya? Simak selengkapnya.

1. Memberikan wadah untuk memilih pelatihan yang sesuai

Baca Juga: 5 Fakta Kartu Prakerja Bakal Digelar Offline, Yuk Daftar Gelombang 33 Dulu!

Kartu prakerja ini diperuntukkan khusus bagi Warga Negara Indonesia yang minimal sudah berusia 18 tahun. Dengan mendaftarkan diri sebagai calon penerima manfaat kartu prakerja, para peserta dapat memilih pelatihan pelatihan yang disediakan oleh pemerintah sesuai keinginan atau minat. 

2. Mendapatkan insentif

Selain memberikan kesempatan para peserta untuk memilih pelatihan sesuai keinginan, kartu prakerja ini juga memberikan insentif berupa tunjangan selama pelatihan berlangsung untuk membantu para peserta yang membutuhkan biaya dalam menjalani pelatihan.

3. Memberikan skill baru bagi peserta

Dengan mengikuti pelatihan yang telah dipilih oleh peserta masing-masing, pemerintah mengharapkan peserta dapat mengembangkan skill yang telah didapatkan dari pelatihan yang diikuti untuk mencari kerja di berbagai sektor. 

Baca Juga: Kartu Prakerja Gelombang 33 Resmi Dibuka, Ketahui Syarat dan Cara Daftarnya

4. Menjadi nilai tambah bagi peserta

Komentar