facebook

Bikin Pertandingan Tinju Ide dari Emak-emak Tanah Abang, Kapolda Metro: Mestinya Ibu Ani Cup Bukan Kapolda Cup

Erick Tanjung | Muhammad Yasir
Bikin Pertandingan Tinju Ide dari Emak-emak Tanah Abang, Kapolda Metro: Mestinya Ibu Ani Cup Bukan Kapolda Cup
Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menghadiri pertandingan tinju bertajuk 'Kapolda Cup' di kawasan Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022). [Suara.com/Yasir]

"Pertandingan tinju ini sebenarnya kurang tepat kalau dikatakan sebagai Kapolda Cup. Karena ini lebih cocok disebut dengan ibu Ani Cup," kata Fadil.

Suara.com - Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran menghadiri pertandingan tinju bertajuk 'Kapolda Cup' di kawasan Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Pertandingan ini digelar dalam rangka memperingati HUT Bhayangkara ke-76.

Fadil menjelaskan ide menggelar pertandingan tinju ini berasal dari emak-emak asal Tanah Abang bernama Ani Purwanti. Ketika itu, Ani memintanya memfasilitasi ring tinju untuk para pelajar yang kerap melakukan aksi tawuran di kawasan Tanah Abang.

"Pertandingan tinju ini sebenarnya kurang tepat kalau dikatakan sebagai Kapolda Cup. Karena ini lebih cocok disebut dengan ibu Ani Cup," kata Fadil di kawasan Gelora Bung Karno, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Senin (27/6/2022).

Fadil kemudian mengajak Ani ke atas ring tinju. Dia memperkenalkan sosok emak-emak yang resah dengan aksi tawuran yang kerap terjadi di kawasan Tanah Abang tersebut.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Dikirimi Surat Wanita Korban Pemerkosaan WN China, Begini Permintaannya

"Jadi ibu yang punya ide. Sebenarnya saya mendapatkan perintah ini dari emak-emak, jadi bagian dari emak-emak yang coba saya wujudkan karena udah capek ngelihat orang tawuran," jelas Fadil.

Menurut Fadil, awalnya dia hendak menggelar pertandingan tinju ini di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta Pusat. Namun, atas dasar pertimbangan khawatir menimbulkan kemacetan akhirnya pertandingan tersebut digelar di kawasan Tanah Abang.

"Jadi di era modern, polisi ini memang semua kegiatan itu harusnya berdasarkan aspirasi yang datang dari masyarakat. Kalau perlu nanti tiap bulan harus ada lagi," ungkapnya.

"Di mana yang suka tawuran kita buat ring tinju. Kita suruh di situ jotos-jotosan jangan jadi ksatria banci di jalan. Kalau mau jadi ksatria jadilah ksatria di atas ring tinju," imbuhnya.

Minta Kapolda Fasilitasi Ring Tinju

Baca Juga: Demi Keselamatan, IMI Tidak Rekomendasikan Balap Motor di Sirkuit Formula E

Permintaan Ani kepada Kapolda Metro Jaya untuk memfasilitasi ring tinju bagi pelajar yang kerap melakukan aksi tawuran ini disampaikan dalam acara rilis akhir tahun di Balai Pertemuan Polda Metro Jaya, Jakarta, pada Kamis (30/12/2021) lalu. Acara tersebut ketika itu dipimpin langsung oleh Fadil.

Komentar