facebook

Keutamaan Hari Arafah yang Jatuh pada 9 Dzulhijjah

Rifan Aditya
Keutamaan Hari Arafah yang Jatuh pada 9 Dzulhijjah
Keutamaan Hari Arafah yang Jatuh pada 9 Dzulhijjah - Ilustrasi Al-Quran, Al Quran, Alquran (pixabay.com)

Salah satu keutaman hari Arafah itu adalah Allah akan mengampuni dosa-dosa orang berpuasa pada hari tersebut.

Suara.com - Hari Arafah yang jatuh tanggal 9 Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan. Salah satu keutaman hari Arafah itu adalah Allah akan mengampuni dosa-dosa orang berpuasa pada hari tersebut.

Hal ini akan kita bahas lebih mendetail di bawah in. Lalu apa saja  hal-hal yang merupakan keutamaan hari Arafah

1. Hari pengampunan dosa selama dua tahun sebelumnya

Keutamaan hari Arafah yang pertama dikutip dari muslim.or.id adalah barang siapa yang melaksanakan puasa di hari  Arafah, dosanya yang selama dua tahun sebelumnya akan diampuni.

Baca Juga: INFOGRAFIS: 5 Fasilitas Baru saat Puncak Haji Armuzna untuk Jemaah

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Puasa Arafah (9 Dzulhijjah) dapat menghapuskan dosa setahun yang lalu dan setahun akan datang. Puasa Asyuro (10 Muharram) akan menghapuskan dosa setahun yang lalu” (HR. Muslim no. 1162).

2. Hari pembebasan dari siksa neraka

Keutamaan hari arafah yang lain ialah Allah mengampuni dosa dan memberikan pembebasan dari siksa neraka. Nabi Muhammad SAW bersabda, “Di antara hari yang Allah banyak membebaskan seseorang dari neraka adalah hari Arofah. Dia akan mendekati mereka lalu akan menampakkan keutamaan mereka pada para malaikat. Kemudian Allah berfirman: Apa yang diinginkan oleh mereka?” (HR. Muslim no. 1348).

3. Hari Arafah juga merupakan hari disempurnakannya agama

Keutamaan hari Arafah yang memukau ialah menjadi lambang atau hari di mana agama Islam disempurnakan. Hal itu disebutkan dalam HR. Bukhari no. 45 dan Muslim no. 3017.

Baca Juga: Puasa Dzulhijjah 2022 Jatuh pada Tanggal Berapa? Ini Jadwal dan Bacaan Niat

Hadist tersebut berbunyi, "Pada hari ini telah Kusempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridhai Islam itu jadi agama bagimu.” 

Komentar