facebook

Jadwal Jokowi ke Rusia dan Ukraina, Minta Vladimir Putin Menghentikan Perang

Rifan Aditya
Jadwal Jokowi ke Rusia dan Ukraina, Minta Vladimir Putin Menghentikan Perang
jadwal Jokowi ke Rusia dan Ukraina - Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana Widodo (Instagram/@jokowi)

Agenda berkaitan dengan jadwal Jokowi ke Rusia dan Ukraina adalah untuk mendorong negara-negara G7 mencari perdamaian di Ukraina setelah invasi Rusia.

Suara.com - Presiden Jokowi dijadwalkan berkunjung ke Rusia dan Ukraina. Kapan jadwal Jokowi ke Rusia dan Ukraina tersebut?

Presiden akan melakukan dialog dengan Rusia dan Ukraina selama misi pembangunan perdamaian ke negara-negara yang bertikai dan meminta Vladimir Putin dari Rusia untuk menghentikan perang dan mulai gencatan senjata sesegera mungkin. Jadwal Jokowi ke Rusia dan Ukraina sejak lama ditetapkan akhir Juni 2022. 

Agenda berkaitan dengan jadwal Jokowi ke Rusia dan Ukraina adalah untuk mendorong negara-negara G7 mencari perdamaian di Ukraina setelah invasi Rusia.

Selain itu untuk menemukan solusi segera untuk krisis pangan dan energi global. Jokowi akan melakukan perjalanan ke Moskow dan Kiev setelah menghadiri pertemuan puncak kelompok negara-negara industri G7 di Jerman pada Minggu (26 Juni 2022).

Baca Juga: Jelang Kunjungan Jokowi, Intensitas Serangan Rudal di Ukraina Meningkat

Seperti telah diketahui, Indonesia saat ini merupakan ketua kelompok 20 (G20) ekonomi utama. Indonesia memilih resolusi Majelis Umum PBB pada Maret yang mengutuk serangan militer Moskow terhadap Ukraina tetapi belum secara langsung mengkritik Rusia.

Amerika Serikat dan negara-negara Barat lainnya telah menyerukan agar Rusia diusir dari G20, tetapi Indonesia bersikeras bahwa semua negara anggota harus diundang. Jokowi juga mengundang Zelensky ke KTT G20 mendatang di Bali yang dijadwalkan pada November, meskipun Ukraina bukan anggota.

Telah ditegaskan oleh Kementerian Luar Negeri Indonesia bahwa kunjungan yang direncanakan Jokowi ke Ukraina dan Rusia merupakan bagian dari perjalanan yang akan dilakukan presiden dalam situasi yang sangat kompleks.

Tujuan utama Presiden Jokowi bertemu dengan Presiden Ukraina adalah untuk menghentikan perang. Selain itu, membahas persoalan yang berkaitan dengan rantai pasok pangan.

Presiden mengharapkan rantai pasokan pangan global harus diaktifkan kembali. Perang telah menyebabkan berbagai lini ekspor dan impor terhambat. 

Baca Juga: Minta Doa Rakyat Indonesia, Jokowi Bakal ke Rusia Temui Putin dan Zelensky di Ukraina

Tidak dapat dipastikan secara pasti jadwal pertemuan antara Jokowi dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin. Akan tetapi, media Rusia, TAS menyebut, presiden Rusia, Vladimir Putin dijadwalkan untuk bertemu dengan Presiden Jokowi pada Kamis, 30 Juni 2022. 

Komentar