facebook

Seperti Apa Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2022? Ini Jadwal dan Fasilitas yang Tersedia

Rifan Aditya
Seperti Apa Rangkaian Puncak Ibadah Haji 2022? Ini Jadwal dan Fasilitas yang Tersedia
puncak ibadah haji 2022 - Ilustrasi haji, kakbah, makkah, masjidil haram, rangkaian puncak ibadah haji (Freepik)

Para jamaah haji akan berada di Arafah untuk melaksanakan wukuf, lalu berpindah ke Muzdalifah dan Mina.

Suara.com - Ingin tahu bagaimana rangkaian puncak haji 2022 di Arafah, Muzdalifah dan Mina? Pastikan Anda simak ulasan di bawah ini sampai akhir!

Pelaksanaan ibadah haji 2022 memang akan memasuki fase puncaknya. Para jamaah haji akan berada di Arafah untuk melaksanakan wukuf, lalu berpindah ke Muzdalifah dan Mina. Berikut informasi rangkaian puncak ibadah haji 2022.

Rangkaian Puncak Ibadah Haji

  • Arafah

Puncak haji 2022 telah dimulai saat wukuf di Arafah pada tanggal 9 Dzulhijjah 1443 H atau 8 Juli 2022. Seluruh jamaah haji Indonesia akan diajak dari Makkah ke Arafah pada 8 Dzulhijjah.

Baca Juga: Keutamaan Hari Arafah yang Jatuh pada 9 Dzulhijjah

Proses wukuf di Arafah dimulai sejak waktu Dhuhur sampai terbenamnya matahari pada 9 Dzulhijjah. Setelah itu, jemaah haji mulai menuju ke Muzdalifah untuk mabit (bermalam), lalu pada tengah malam jamaah diberangkatkan ke Mina.

  • Muzdalifah

Jamaah haji akan berada di Muzdalifah hingga tengah malam menyiapkan batu kerikil untuk lempar jumrah di jamarat, Mina. Setelah melewati tengah malam hingga dini hari, selanjutnya jamaah diberangkatkan ke Mina untuk melontar jumrah.

  • Mina

Kemudian, jamaah akan berpindah ke Mina. Selama di Mina, jamaah haji tinggal selama 3 hari, mulai tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah 1443 H (9-12 Juli 2022).

Pada hari pertama di Mina, jamaah haji akan melontar jumrah aqabah. Lalu hari selanjutnya, jamaah akan melontar jumrah Ula, Wustha, dan Aqaba.

Untuk jumlah batu kerikil saat lempar jumrah nafar awal adalah sebanyak 49 butir sampai 12 Dzulhijjah. Lalu, sebanyak 70 butir bagi nafar tsani menyelesaikan lontar jumrah sampai 13 Dzulhijjah.

Baca Juga: INFOGRAFIS: 5 Fasilitas Baru saat Puncak Haji Armuzna untuk Jemaah

Untuk jamaah yang mengambil nafar awal menginap hingga tanggal 12 Dzulhijjah. Sementara itu, jamaah yang mengambil Nafar Tsani menginap hingga 13 Dzulhijjah. Kemudian setelah itu, jamaah haji akan kembali ke Makkah.

Komentar