facebook

Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah, Lengkap dengan Niat dan Hukumnya

Chyntia Sami Bhayangkara
Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah, Lengkap dengan Niat dan Hukumnya
Ilustrasi Sholat di Rumah - Tata Cara Sholat Idul Adha di Rumah (Shutterstock) 

Tanggal 10 Dzulhijjah menjadi hari istimewa bagi umat Islam. Untuk itu, simak tata cara sholat Idul Adha di rumah lengkap dengan bacaan niat dan hukum melaksanaknnya.

Suara.com - Meskipun saat ini pemerintah sudah melonggarkan sejumlah kebijakan terkait dengan adanya pendemi Covid-19, seperti mengizinkan masyarakat melaksanakan sholat berjamaah. Namun masih ada masyarakat khawatir dengan penularannya, sehingga memilih melaksanakan sholat Idul Adha 1443 H di rumah. Untuk itu, simak tata cara sholat Idul Adha di rumah lengkap dengan bacaan niat dan hukum melaksanaknnya. 

Tanggal 10 Dzulhijjah menjadi hari istimewa bagi umat Islam. Seperti yang telah diketahui pada saat itu, umat muslim akan memperingati Hari Raya Idul Adha yang kemudian akan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. Anda bisa melaksanakan sholat Idul Adha sendiri di rumah dengan mengetahui tata cara sholat Idul Adha di rumah.

Sholat Idul Adha merupakan sholat sunnah dua rakaat yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan oleh umat muslim. Sholat dua rakaat ini dapat dikerjakan baik secara jamaah di masjid atau lapangan maupun sendiri di rumah. 

Syekh M Nawawi Banten dari mazhab Syafi’i ini menjelaskan tentang kedudukan shalat Idhul Adha dan Idhul Fithri pada Kitab Nihayatuz Zain yaitu sebagai berikut: 

Baca Juga: Bolehkah Makan Sebelum Sholat Idul Adha? Jangan Keliru, Ini Penjelasannya

Jenis kedua dari shalat sunnah yang ditentukan waktunya adalah shalat yang dianjurkan untuk dilaksanakan secara berjamaah adalah (shalat dua Id, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha). Shalat Id disyariatkan khusus untuk umat Nabi Muhammad SAW,” (Lihat Syekh M Nawawi Banten, Nihayatuz Zain, [Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyyah: 2002 M/1422 H], halaman 106). 

Sementara, tata cara sholat Idul Adha di rumah sama dengan sholat Idul Fitri yaitu dikerjakan dua rakaat dengan adanya takbir zawaid (takbir tambahan) sebanyak 7 kali di rakaat pertama dan sabanyak 5 kali di rakaat kedua.

Meskipun tata cara sholat Idul Adha sama dengan sholat Idul Fitri, namun niat sholat Idul Adha jamaah dengan niat sholat Idul Adha sendiri di rumah berbeda. 

Berikut ulasan mengenai niat dan tata cara sholat Idul Adha di rumah lengkap dengan hukum melaksanakannya. 

Niat Sholat Idul Adha di Rumah 

Baca Juga: Tata Cara Sholat Idul Adha Sendiri, Lengkap dengan Bacaan Niat

Berikut ini bacaan niat sholat Idul Adha di rumah sendirian maupun jamaah: 

Komentar