facebook

Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah 2022 dan Keutamaannya

Rifan Aditya
Bacaan Niat Puasa Dzulhijjah 2022 dan Keutamaannya
niat puasa Dzulhijjah 2022 - Ilustrasi puasa, kurma, niat puasa dzulhijjah 2022 (Pixabay)

Syekh Zakaria al-Anshari dalam Asna al-Mathalib menjelaskan, tanggal 1-9 Dzulhijjah, disunnahkan untuk berpuasa. Bagaimana niat puasa Dzulhijjah 2022?

Suara.com - Memasuki sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah 1443 H/2022, umat muslin dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, seperti perbanyak dzikir, sedekah, baca Al Quran, dan berbagai macam amalan sunnah lainnya. Termasuk juga melaksanakan ibadah puasa sunnah pada tanggal satu sampai sembilan Dzulhijjah. Nah, bagaimana niat puasa Dzulhijjah 2022?

Melansir laman NU Online, Syekh Zakaria al-Anshari dalam Asna al-Mathalib menjelaskan, bahwa pada tanggal satu sampai sembilan Dzulhijjah, disunnahkan untuk berpuasa. Simak penjelasan berikut tentang niat puasa Dzulhijjah 2022 dan keutamaannya.

Untuk tanggal 1-7 Dzulhijjah disunnahkan bagi orang yang sedang menunaikan ibadah haji atau tidak, sementara tanggal 8 Dzulhijjah (hari Tarwiyyah) dan tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah), hanya disunnahkan bagi yang tidak sedang melaksanakan ibadah haji.

Berpuasa bagi yang sedang menunaikan ibadah haji pada tanggal delapan dan sembilan Dzulhijjah hukumnya khilaful aula yang artinya menyalahi yang lebih utama. Bahkan dianggap makruh menurut Imam An-Nawawi. Alasannya adalah karena mereka lebih dianjurkan untuk memperbanyak berdoa pada hari tersebut, sekalipun andaikan mereka kuat untuk berpuasa.

Baca Juga: Puasa Dzulhijjah Berapa Hari?

Apa saja Keutamaan Puasa Dzulhijjah

Sebagai salah satu bulan yang dimuliakan (asyhur al-hurum), bulan Dzulhijjah memiliki banyak keutamaan dibandingkan bulan lainnya. Maka dari itu, puasa pada sembilan hari pertama bulan Dzulhijjah juga memiliki keutamaan tersendiri. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

- Pahala ibadah pada sepuluh hari pertama bulan Dzulhijjah akan mendapatkan pelipatan pahala dibanding ibadah di bulan lainnya.

- Berpuasa pada tanggal 9 Dzulhijjah (hari Arafah) akan menghapus dosa selama dua tahun. Menurut mayoritas ulama, dosa-dosa yang akan dihapus karena puasa Arafah adalah dosa kecil. 

- Termasuk keutamaan hari Arafah adalah Allah SWT lebih banyak membebaskan hamba-Nya dari api neraka pada hari ini dibanding hari-hari lainnya. 

Baca Juga: 3 Keutamaan Puasa Dzulhijjah, Hapuskan Dosa Selama Dua Tahun

Waktu Puasa Dzulhijjah

Komentar