facebook

Polemik Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Politikus PDIP: Larang Kibarkan Bendera dan Nyanyikan Lagu Kebangsaan!

Chandra Iswinarno | Bagaskara Isdiansyah
Polemik Timnas Israel di Piala Dunia U-20, Politikus PDIP: Larang Kibarkan Bendera dan Nyanyikan Lagu Kebangsaan!
Politikus PDI Perjuangan Effendi Simbolon. [Suara.com/Ria Rizki]

Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon merespons polemik Timnas sepakbola Israel yang akan turut serta dalam gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Suara.com - Anggota Komisi I DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Effendi Simbolon merespons polemik Timnas sepakbola Israel U-20 yang akan turut serta dalam gelaran Piala Dunia U-20 di Indonesia.

Effendi menilai, adapun opsi jika Israel tetap ingin mengirim Timnas U-20 sepakbolanya ke Indonesia maka tidak boleh mengibarkan benderanya dalam gelaran olahraga tersebut. Selain itu lagu kebangsaan juga tidak boleh diputar.

"Tidak boleh bawa benderanya dia. Tidak boleh menyanyikan lagu kebangsaan. Betul itu, karena tidak ada hubungan diplomatik," kata Effendi di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta pada Kamis (30/6/2022).

Menurutnya, Indonesia memang mempunyai posisi sulit. Terlebih Indonesia hanya sebagai tuan rumah dan yang memiliki aturan gelaran olahraga tersebut adalah induk sepakbola dunia yakni FIFA.

Baca Juga: Soal Gelombang Penolakan Israel di Piala Dunia U-20 2023, Begini Sikap PSSI

"Kita bisa pahami. Cuma dilematis. Kita enggak kemudian kita diartikan berhubungan diplomatik dengan Israel. Cuma kita enggak bisa mengatakan menolak dia. Enggak bisa. Atau kita yang keluar dari kompetisi itu," tuturnya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, terkait persoalan FIFA yang dianggap memiliki standar ganda karena hanya melarang Rusia dalam gelaran sepakbola, berbeda dengan kasus Israel.

"Beda, karena dianggap dia menginvasi negara lain sehingga disanksi. Israel enggak ada sanksinya. Kita yg enggak berhubungan diplomatik ke Israel. FIFA enggak kasih sanksi ke dia," katanya.

Penolakan Timnas Israel

Sejumlah lembaga kemanusiaan yang fokus terhadap konflik di Palestina menolak keras kedatangan Tim Nasional (Timnas) Israel dalam perhelatan Piala Dunia U-20 yang bakal digelar di Indonesia pada 2023 mendatang.

Baca Juga: NGO Pro-Palestina Kritisi Menpora Soal Jaminan Timnas Israel Bisa Bertanding di Piala Dunia U-20

Mereka menentang karena pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan Israel terhadap Palestina yang masih terjadi hingga saat ini. Medical Emergency Rescue Committee (MER-C) Indonesia mendesak pemerintah untuk membatalkan kedatangan Timnas Israel ke Indonesia.

Komentar