facebook

Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin Bertemu di Kremlin, Menyatakan Telah Membahas Soal Ukraina

RR Ukirsari Manggalani
Presiden Joko Widodo dan Presiden Vladimir Putin Bertemu di Kremlin, Menyatakan Telah Membahas Soal Ukraina
Presiden RI Joko Widodo (kiri) dalam konferensi pers bersama Presiden Rusia Vladimir Putin usai pertemuan kedua pemimpin di Istana Kremlin, Moskow, Rusia, Kamis waktu setempat (30/6) (ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden/Laily Rachev)

Kedua kepala negara memberikan pernyataan pers tentang pencapaian hasil pembahasan terkait perdamaian dengan Ukraina.

Suara.com - Presiden RI Joko Widodo menemui Presiden Vladimir Putin di Moskow, ibu kota Federasi Rusia untuk mendorong perdamaian antara Rusia dengan Ukraina yang kini tengah berada dalam situasi konflik.

Pertemuan ini dilakukan setelah sebelumnya Presiden Joko Widodo menemui Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di Kyiv, Ukraina.

Dikutip dari kantor berita Antara yang memantau perkembangan dari Jakarta pada JUmat (1/7/2022) dini hari, Presiden Joko Widodo menyampaikan meskipun situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk dikedepankan dengan membuka ruang-ruang dialog.

Kepala Negara RI juga menyatakan telah menyampaikan pesan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy kepada Presiden Vladimir Putin dan menyatakan siap membantu menjembatani komunikasi kedua pemimpin untuk upaya perdamaian kedua negara.

Baca Juga: Roy Suryo Diperiksa Polda Metro Kasus Meme Stupa Borobudur Mirip Jokowi

Sementara Presiden Rusia Vladimir Putin juga menyatakan telah menyampaikan secara detail perkembangan terkait Ukraina kepada Presiden RI Joko Widodo, dalam pertemuan keduanya di Kremlin, Moskow.

"Tentu saja, selama pembicaraan kami membahas beberapa masalah regional dan internasional yang mendesak lainnya. Saya memberi tahu Presiden (Joko Widodo) secara rinci tentang perkembangan di Ukraina," kata Presiden Putin saat menyampaikan pernyataan pers bersama Presiden Joko Widodo di Kremlin, Rusia, sebagaimana dipantau di Jakarta.

Kepala Negara Rusia ini tidak mengungkapkan lebih lanjut penjelasan detail terkait Ukraina yang disampaikannya kepada Presiden Joko Widodo. Putin lebih banyak menyampaikan diskusi tentang kerja sama bilateral antara Rusia dengan Indonesia.

Ia menyatakan bahwa Rusia dan Indonesia berupaya untuk mengoordinasikan posisinya di PBB dan organisasi internasional lainnya, termasuk ASEAN yang akan dipimpin Indonesia tahun depan.

Selain itu menyampaikan Rusia mendukung upaya Indonesia untuk mempersiapkan dan menyelenggarakan KTT G20 yang berlangsung di Indonesia tahun ini.

Baca Juga: Komedian Legendaris Kadir Sebutkan Punya Mobil Apa Saja Tidak Masalah, Kecuali Saat Isi Bahan Bakar

Komentar