facebook

Tempat Sampah di Hotel Terbakar Puntung Rokok, Jemaah Haji Diminta Jangan Buang Sembarangan

Ruth Meliana Dwi Indriani | Rendy Adrikni Sadikin
Tempat Sampah di Hotel Terbakar Puntung Rokok, Jemaah Haji Diminta Jangan Buang Sembarangan
Kepala Daker Makkah, Mukhammad Khanif di Makkah, Sabtu (2/7/2022) [Dok. MCH 2022]

"Bisa saja, putung rokok yang masih menyala, membakar kertas atau sampah lainnya. Ini bisa membesar dan memunculkan asap. Itu bisa membuat jemaah panik," kata Khanif.

Suara.com - Tempat pembuangan sampah Hotel Makarem Diyafah No 509, Misfalah-Makkah terbakar. Asap tampak mengepul di salah satu sudut hotel yang menjadi tempat jemaah haji 2022 menginap di Tanah Suci.

Kepala Daker Makkah Mukhammad Khanif menjelaskan, asap bersumber dari tempat sampah yang terbakar. Penyebab terbakarnya tempat sampah itu karena ada puntung rokok yang belum dimatikan saat dibuang.

Khanif lantas mengimbau jemaah haji Indonesia untuk tidak membuang puntung rokok sembarangan. Ia juga meminta agar jemaah memastikan sisa rokok yang dibuang sudah dimatikan.

"Bukan kebakaran hotel. Tepatnya ada tempat pembuangan sampah yang terbakar karena putung rokok. Sudah dipadamkan dan jemaah sudah beraktivitas sebagaimana biasa," terang Khanif di Makkah, Sabtu (2/7/2022).

Baca Juga: Ibadah Haji Tahun Ini Istimewa Sebab Bergelar Haji Akbar, Begini Maksudnya...

Khanif berpesan kepada jemaah haji Indonesia agar membuang sampah rokok di tempat yang sudah disediakan. Sebelum dibuang, jemaah harus memastikan rokok sudah dalam keadaan mati, agar tidak terjadi kebakaran.

"Jemaah yang merokok, agar membuang sisa rokoknya di tempat sampah yang disediakan. Jangan lupa, pastikan bahwa putung rokok itu sudah dimatikan. Terimakasih pada jemaah yang telah mematuhi aturan," pesannya.

Menurut Khanif, kebersihan lingkungan di hotel juga wajib dijaga jemaah demi kesehatan bersama. Puntung rokok yang dibuang sembarangan dalam kondisi masih menyala, bisa menyebabkan sampah kertas atau bahan kering lainnya terbakar.

"Seegala potensi yang bisa memantik nyala api harus diminimalisir, termasuk putung rokok," imbuhnya.

Khanif juga meminta para petugas sektor untuk tidak bosan mengingatkan jemaah pentingnya membuang sisa rokok pada tempatnya, dalam keadaan sudah dimatikan. Hal ini dilakukan demi mencegah terjadinya sampah terbakar.

Baca Juga: Satu Juta muslim Diperkirakan Hadiri Musim Haji, Ribuan Peziarah Sudah Sampai di Mekkah

"Bisa saja, putung rokok yang masih menyala, membakar kertas atau sampah lainnya. Ini bisa membesar dan memunculkan asap," terangnya.

Komentar