facebook

Sholat Idul Adha 2022 Tanggal Berapa? Simak Jadwal, Niat dan Amalan Sunnah

Rifan Aditya
Sholat Idul Adha 2022 Tanggal Berapa? Simak Jadwal, Niat dan Amalan Sunnah
Sholat Idul Adha 2022 Tanggal Berapa? Simak Jadwal, Niat dan Amalan Sunnah - Ilustrasi Sholat Idul Adha - Ribuan umat muslim menunaikan ibadah sholat Idul Adha 1439 H berjamaah di Masjid Istiqlal, Jakarta, Rabu (22/8). [Suara.com/Muhaimin A Untung]

Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah di mana umat islam akan sholat ied. Lantas sholat Idul Adha 2022 tanggal berapa? Ketahui jadwal, niat dan amalan sunnanya.

Suara.com - Umat Islam telah memasuki bulan Dzulhijjah 1443 Hijriah/2022 Masehi, yang artinya, sebentar lagi umat muslim akan memperingati Hari Raya Idul Adha 2022. Lalu sholat Idul Adha 2022 tanggal berapa dilaksanakan?

Tahun ini pemerintah telah menetapkan tanggal jatuhnya Idul Adha 2022 melalui sidang isbat. Sehingga bisa disimak jadwal sholat Idul Adha 2022 tanggal berapa dalam artikel ini dan ketahui pula niat serta amalan sunnahnya.

Idul Adha diperingati setiap tanggal 10 Dzulhijjah di mana umat Islam akan melaksanakan sholat ied dan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan kurban. 

Idul Adha merupakan hari raya umat Islam yang diperingati setiap tahun untuk mengingat kisah Nabi Ibrahim AS dan putranya Ismail. Pada saat itu, Nabi Ibrahim mendapatkan perintah dari Allah SWT lewat mimpi untuk menyembelih putra semata wayangnya, Ismail. 

Baca Juga: Kisah Nabi Ibrahim dan Ismail Sebagai Bukti Ketaatan Kepada Allah SWT

Setelah sekian lama memikirkan tentang mimpinya itu, Nabi Ibrahim pun menyampaikan kepada Ismail tentang mimpinya itu. Dengan wajah yang tenang, Ismail pun menyuruh ayahnya untuk menjalankan perintah Allah. 

Namun ketika tiba hari Nabi Ibrahim menyembelih Ismail, Allah memberikan kambing sebagai pengganti putranya.  Kisah keduanya tertulis dalam Al-Quran dan diperingati setahun sekali oleh umat Islam. Oleh karena itu, perayaan Idul Adha identik dengan penyembelihan hewan kurban 

Lantas sholat Idul Adha 2022 tanggal berapa? Ketahui pula jadwal, niat dan amalan sunnanya. 

Jadwal Sholat Idul Adha 2022 

Pemerintah Indonesia melalui Kementrian Agama (Kemenag) melalui sidang isbat memutuskan Hari Raya Idul Adha 1443 H jatuh pada Minggu, 10 Juli 2022 mendatang. Artinya umat Islam dapat melaksanakan sholat Idul Adha 2022 pada sabtu pagi. 

Baca Juga: Cara Pembagian Hewan Kurban yang Benar Sesuai Syariat dan Hikmahnya

Hari itu pun sekaligus menjadi libur nasional di Indonesia karena hari terssbut bertepatan dengan perayaan Hari Raya Haji. Sholat Idul Adha sendiri memiliki dua rakaat yang dilakukan pada pagi hari seperti sholat Idul Fitri pada umumnya. 

Komentar