facebook

Guru Lansia Berjuang Keras Ikut Tes PPPK, Warganet Nyesek: Pegang Mouse Saja Mungkin Gemetaran

Agatha Vidya Nariswari | Elvariza Opita
Guru Lansia Berjuang Keras Ikut Tes PPPK, Warganet Nyesek: Pegang Mouse Saja Mungkin Gemetaran
Ilustrasi guru mengikuti tes PPPK. (Antara)

Rambutnya memang sudah memutih, tubuhnya juga mulai bungkuk dimakan usia, namun guru itu masih bertekad untuk menyelesaikan seleksi PPPK sebaik mungkin.

Suara.com - Seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) telah diselenggarakan beberapa waktu lalu, namun kisah-kisahnya masih banyak meramaikan media sosial hingga sekarang.

Termasuk kisah yang diunggah di Quora berikut ini, yang kemudian diviralkan kembali oleh pengirim menfess anonim di akun Twitter @convomf.

"Jujur sedih banget liat postan ini," tutur pengirim menfess itu, seperti dikutip Suara.com pada Sabtu (2/7/2022). Apa pasalnya?

Rupanya postingan di Quora itu memperlihatkan potret seorang guru lanjut usia yang sedang berjuang keras menyelesaikan soal-soal tes PPPK.

Baca Juga: Kakak Pamer Beli Paket Minions dari Resto, Reaksi Adik Lelakinya Bikin Gemas

"Gambar ini saya dapatkan dari Twitter saat masa tes CPNS dan PPPK kemarin," ungkap pengunggah di Quora tersebut, menjawab pertanyaan "Apa saja ironi pendidikan di Indonesia?".

Ia lantas memperlihatkan foto seorang guru yang sebagian rambutnya sudah terlihat memutih dimakan usia. Meski begitu terlihat jelas semangat dan tekadnya untuk menyelesaikan soal-soal seleksi PPPK di hadapannya, sekalipun itu berarti harus bersaing dengan banyak tenaga-tenaga muda.

"Ada lagi satu gambar lain, seorang bapak berusia 57 tahun yang juga mengikuti tes PPPK," tuturnya melanjutkan. "Iya, PPPK. Bukan CPNS."

Guru lansia terciduk berjuang keras ikuti seleksi PPPK. (Twitter/@convomf)
Guru lansia terciduk berjuang keras ikuti seleksi PPPK. (Twitter/@convomf)

Sebagai informasi, PPPK dan CPNS memang sama-sama dikategorikan sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Namun keduanya dibedakan dari statusnya seperti penjelasan berikut.

ASN dengan status CPNS akan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang merupakan pegawai tetap di instansi pemerintah, sementara PPPK adalah pegawai yang dipekerjakan di instansi pemerintah dengan jangka waktu tertentu.

Baca Juga: Tukang Bensin Eceran Pede Jualan di Depan SPBU, Pembeli Bahkan Sampai Mengantre, Publik: Sing Penting Yakin!

"Jujur saja, saat melihatnya hasrat saya sebagai seorang S.Pd., langsung hancur. Saya nangis. Terbayang bagaimana beliau-beliau ini telah menggantungkan asa di tepian jurang," katanya.

Komentar