facebook

Ini Hadits Puasa Tarwiyah Menjelang Idul Adha, Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah

Chyntia Sami Bhayangkara
Ini Hadits Puasa Tarwiyah Menjelang Idul Adha, Puasa Sunnah di Bulan Dzulhijjah
Ilustrasi al quran - Hadits Puasa Tarwiyah. (Unsplash)

Hadits Puasa Tarwiyah Menjelang Idul Adha

Suara.com - Bulan Zulhijah merupakan salah satu bulan haram atau bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Bagi umat muslim yang memperbanyak ibadah di bulan Dzulhijjah akan dilipatgandakan pahalanya salah satunya puasa Tarwiyah sesuai hadits puasa tarwiyah menjelang Idul Adha.

Di antara amalan selain yang utama seperti Hari Raya Idul Adha di bulan Zulhijah, adalah puasa tarwiyah dan arafah pada tanggal 8 - 9 Zulhijah sesuai hadits puasa tarwiyah menjelang Idul Adha.

Istilah tarwiyah berasal dari kata tarawwa yang artinya membawa bekal air. Hal ini karena pada hari tarwiyah, jamaah haji membawa bekal air zam-zam untuk persiapan arafah dan menuju Minta. 

Anjuran puasa hari tarwiyah 8 Zulhijah masih menjadi perdebatan di kalangan para ulama. Ada yang menganggap puasa tarwiyah disyariatkan dan ada yang memandang puasanya ini tidak disyariatkan.

Baca Juga: 5 Resep Menu Idul Adha Khas dan Jadi Favorit Keluarga, Ada Rendang Padang

Puasa di hari Tarwiyah akan mengampuni dosa setahun yang lalu. Sedangkan puasa Arafah akan mengampuni dosa dua tahun.” (HR Tirmidzi).

Dalam hadist tersebut, disebutkan bahwa puasa tarwiyah dapat diampuni dosa setahun yang lalu dan puasa arafah dapat diampuni dosa dua tahun. Namun hadist tersebut dinilai dhaif atau tidak kuat riwayatnya. 

Meski demikian, para ulama sepakat bahwa umat muslim boleh mengamalkan puasa tarwiyah hanya untuk memperoleh keutamaan selagi hadis tersebut tidak berkaitan dengan masalah akidah dan hukum. Sebagian ulama juga mengacu kepada hadist yang diriwayatkan istri Rasulullah SAW.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa berpuasa pada sembilan hari awal Dzulhijah, pada hari ‘Asyura’ (10 Muharram), berpuasa tiga hari setiap bulannya, …” (HR Abu Daud No. 2437).

Dalam hadist puasa tarwiyah menjelang Idul Adha tersebut tidak menyebutkan secara khusus anjuran puasa tarwiyah melainkan berpuasa 9 hari di awal bulan Zulhijah atau sebelum Hari Raya Idul Adha.

Baca Juga: Bacaan Latin Niat Puasa Tarwiyah, Lengkap dengan Dalil dan Keutamaannya

Puasa 9 hari di awal bulan Zulhijah juga mengacu pada puasa tarwiyah yang dilaksanakan pada 8 Zulhijah.

Komentar