facebook

Cegah Masyarakat Was-was Beli Hewan Kurban, DPR Minta Pemerintah Gencarkan Vaksinasi PMK

Agung Sandy Lesmana | Novian Ardiansyah
Cegah Masyarakat Was-was Beli Hewan Kurban, DPR Minta Pemerintah Gencarkan Vaksinasi PMK
Cegah Masyarakat Was-was Beli Hewan Kurban, DPR Minta Pemerintah Gencarkan Vaksinasi PMK. (ANTARA FOTO / Irwansyah Putra/rwa)

"Saya kira kita sukseskan vaksin dari Kementan yang berkolaborasi dengan BNPB dan PMI agar ini bisa kita kendalikan."

Suara.com -
Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar atau Cak Imin meminta pemerintah mempercepat dan memperluas jangkauan vaksinasi terhadap hewan ternak guna mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK).

Vaksinasi tersebut, kata Muhaimin harus segera diperluas terutama di daerah yang terdeteksi terdapat penularan PMK. Apalagi diketahui menjelang Idul Adha permintaan akan hewan ternak untuk kurban meningkat sehingga perlu diantisipasi.

“Betul, vaksinasi PMK harus dipercepat dan diperluas untuk menekan penularan PMK. Ini juga akan menambah ketenangan di tengah masyarakat yang ingin berkurban dan akan mengonsumsi hewan kurban,” kata Muhaimin, Selasa (5/7/2022).

Hal senada juga disampaikan Anggota Komisi IX DPR Rahmad Handoyo. Rahmad mendorong pemerintah untuk lebih gencar dalam melakukan vaksinasi.

Baca Juga: Respons MKD Usai Cak Imin Dilaporkan Atas Dugaan Pelanggaran Etik Pimpinan DPR RI

"Saya kira kita sukseskan vaksin dari Kementan yang berkolaborasi dengan BNPB dan PMI agar ini bisa kita kendalikan," ujar Rahmad.

Sementara itu berkaitan dengan hewan kurban, Rahmad meminta para pedagang hewan kurban untuk mengikuti panduan yang telah diberikan oleh dinas terkait. Ia juga meminta masyarakat tidak menanggapi berlebih PMK dengan kepanikan.

"Intinya saya kira agar masyarakat mematuhi dan melihat nasihat dan fatwa yang ada di MUI bagaimana tata caranya berkurban di saat wabah PMK," kata Rahmad.