Kandidat Lain Kudu Wanti-wanti! Survei Voxpol Center Temukan Anies-AHY Bisa Kalahkan Ganjar Pranowo

Ria Rizki Nirmala Sari
Kandidat Lain Kudu Wanti-wanti! Survei Voxpol Center Temukan Anies-AHY Bisa Kalahkan Ganjar Pranowo
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) makin menunjukan kedekatannya dengan Gubernur Jakarta Anies Baswedan. (Foto dok. Demokrat)

Bahkan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani juga bisa keok kalau bertemu Anies dan AHY.

Suara.com - Hasil survei Voxpol Center menunjukkan pasangan calon presiden atau capres dan calon wakil presiden atau cawapres Anies Baswedan dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bisa mengalahkan kandidat capres-cawapres lainnya. Bahkan Ganjar Pranowo dan Puan Maharani juga bisa keok kalau bertemu Anies dan AHY.

Seperti dilansir dari Wartaekonomi -jaringan Suara.com-, hasil survei itu diperoleh melalui skenario empat, tiga dan dua poros koalisi. Untuk simulasi dua poros, Anies-AHY yang didukung Partai NasDem, Demokrat dan PKS mendapatkan elektabilitas sebesar 50,7 persen. Sementara itu Ganjar-Puan hanya mendapatkan elektabilitas 32,6 persen meskipun didukung PDI-P, Gerindra, Golkar, PKB, PPP dan PAN.

Direktur Eksekutif Voxpol Center Syarwi Pangi Chaniago mengungkapak kalau Anies dipilih karena alasan rasional. Keberhasilan Anies menjadi orang nomor satu di DKI Jakarta menjadi salah satu alasan mengapa publik menyukainya.

"Anies dianggap berprestasi saat menjadi Gubernur DKI Jakarta," kata Pangi dalam paparannya, Jumat (18/11/2022).

Baca Juga: Anies Baswedan Punya Hutang Setengah Triliun ke Sandiaga Uno?

Anies-AHY juga unggul ketika dihadapkan Prabowo-Puan. Untuk kali ini, Anies-AHY mendapatkan elektabilitas 49,4 persen dan Prabowo-Puan memperoleh 32,8 persen.

Kemenangan Anies-AHY juga terlihat dalam simulasi tiga poros. Anies-AHY memperoleh elektabilitas 37,3 persen, Ganjar-Airlangga mendapatkan 28 persen dan Prabowo-Puan memperoleh 23,4 persen.

Kondisi serupa terjadi ketika kombinasi pasangan capres-cawapres diganti. Semisal saja Ganjar dengan Erick Thohir yang memperoleh elektabilitas 29,5 persen. Pasangan tersebut tetap berada di bawah Anies-AHY yang mendapatkan 32 persen.

Lalu pasangan Prabowo-Muhaimin Iskandar hanya mendapatkan 25,5 persen dan pasangan Puan-Andika memperoleh 3,1 persen.

Survei Voxpol Center tersebut dilakukan terhadap 1.220 responden di 34 provinsi di seluruh Indonesia, yang dipilih berdasarkan TPS dan DPT 2019. Survei ini memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dan margin of error 2,81 persen.

Baca Juga: Usai Utang Rp50 Miliar Anies Baswedan Heboh Diungkit, Sandiaga Uno Pilih Bungkam