Xi Jinping Kirim Pesan Duka Cita, Pemerintah China Siapkan Bantuan untuk Gempa Cianjur

Agatha Vidya Nariswari
Xi Jinping Kirim Pesan Duka Cita, Pemerintah China Siapkan Bantuan untuk Gempa Cianjur
Presiden Joko Widodo bertolak ke China dan bertemu dengan Presiden Xi Jinping. Dalam pertemuan bilateral tersebut, kedua pemimpin negara membahas banyak hal dan menghasilkan sejumlah kesepakatan. (Laily Rachev - Biro Pers Sekretariat Presiden)

Pemerintah China tengah menyiapkan bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk membantu penanganan bencana gempa bumi yang mengguncang Cianjur

Suara.com - Pemerintah China tengah menyiapkan bantuan kepada pemerintah Indonesia untuk membantu penanganan bencana gempa bumi yang mengguncang Cianjur, Jawa Barat. Hal itu dinyatakan oleh Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China (MFA) Zhao Lijian pada Rabu (23/11/2022).

"China siap memberikan dukungan dan bantuan yang diperlukan untuk bencana di Indonesia," kata Zhao Lijian.

Presiden China Xi Jinping sebelumnya telah mengirimkan pesan duka cita melalui Presiden Joko Widodo kepada para korban gempa Cianjur.

"China dan Indonesia merupakan tetangga yang bersahabat," kata Zhao dalam pengarahan pers reguler itu.

Baca Juga: Terjebak di Reruntuhan Bangunan Selama 3 Hari, Bocah 5 Tahun di Cianjur Masih Hidup

Pihaknya yakin bahwa Indonesia mampu mengatasi bencana alam itu dan segera bangkit kembali membangun kembali rumah-rumah yang rusak akibat gempa berkekuatan 5,6 magnitudo yang meluluh lantahkan Cianjur pada Senin (21/11/2022) siang.

Zhao tidak merinci rupa bantuan yang disiapkan pemerintah China untuk korban bencana gempa di Cianjur tersebut.

Presiden Xi Jinping mengaku terkejut mendengar gempa bumi di Indonesia yang menyebabkan jatuhnya korban jiwa dan kerugian material, demikian dalam pesan duka cita yang dikirimkan kepada Presiden Jokowi pada Selasa (22/11/2022).

Xi Jinping menyampaikan duka cita dan simpati mendalam kepada para keluarga korban atas nama pemerintah dan rakyat China.

Orang nomor satu di China itu juga sangat yakin bahwa di bawah pemerintahan Joko Widodo, masyarakat yang terdampak gempa akan bisa mengatasi bencana dan membangun kembali rumah-rumah mereka yang rusak.

Baca Juga: Cerita Ibu Guru Asal Cianjur Yang Terjebak 1,5 Jam di Reruntuhan Sekolah 'Musibah Itu Ujian dari Allah'

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat korban tewas akibat gempa Cianjur sebanyak 271 orang dan hilang 40 orang. [ANTARA]