Jokowi Mantu: 2.188 Polisi Bakal 'Tongkrongi' Acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep, Soloraya Siaga Penuh!

Bangun Santoso
Jokowi Mantu: 2.188 Polisi Bakal 'Tongkrongi' Acara Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep, Soloraya Siaga Penuh!
Kaesang Pangarep dan Erina Gudono saat ziarah ke makam pemimpin Pura Mangkunegaran Surakarta, Selasa (29/11/2022). [Suara.con/Ari Welianto]

Daerah Soloraya dari Sragen, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri siaga penuh jelang pernihakan Kaesang Pengarep dengan Erina Gudono

Suara.com - Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal mantu lagi. Putra bungsunya, Kaesang Pengarep akan menikah dengan perempuan pujaannya, Erina Gudono, di mana akad nikah dijadwalkan pada 10 Desember 2022 mendatang.

Kemudian berlanjut acara ngunduh mantu pernikahan Kaesang Pengarep dengan Erina Gudono yang dijadwalkan digelar di Pura Mangkunegaran Surakarta, pada 11 Desember 2022.

Melansir Antara, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi mengatakan, dirinya bersama Wakapolda, Kapolresta Surakarta dan Kapolres di Soloraya melakukan rapat analisis dan evaluasi (Anev) terkait pengamanan tamu persiapan acara pernikahan ngunduh mantu putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Kota Surakarta, Minggu (11/12).

"Jadi untuk Soloraya memang melakukan kegiatan prefentif menjelang pelaksanaan pernikahan Kaesang- Erina. Aparat keamanan melakukan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) di Soloraya mulai dari Sragen, Karanganyar, Boyolali, Sukoharjo, Klaten dan Wonogiri," ujar Kapolda di Solo, Sabtu (4/12/2022).

Baca Juga: Cek Fakta Kabar Erina Gudono Gugat Cerai Kaesang di Usia Pernikahan Seumur Jagung, Benarkah?

Setelah itu, pihaknya juga melakukan kegiatan Tactical Floor Game (TFG), dimana yang dilakukan perencanaan jalur mulai dari kedatangan tamu dan menginap di hotel kemudian pergerakan tamu sampai di tempat resepsi Pura Mangkunegaran.

"Termasuk pola-pola pengamanan beberapa jalur nanti akan dijadikan objek one gate system atau sistem pengamanan yang hanya memiliki satu pintu utama. Jadi tidak ada wilayah Pura Mangkunegaran yang sebagai ring satu ada jalur yang kroscek," kata Kapolda.

Oleh karena itu, kata Kapolda pada H-5 resepsi atau Senin (5/12), akan melakukan sosialisasi terkait dengan pengalihan arus yang tidak mengganggu aktivitas masyarakat di wilayah Solo.

"Dirlantas Polda Jateng dan Kapolres akan melakukan sosialisasi. Pada prinsipnya jajaran Polresta Surakarta yang dibeck up oleh Polda Jateng sudah disiapkan termasuk rencana kontidensi seperti dari keterlibatan personel, ploting anggota, pengalihan arus dan tempat parkir sudah disiapkan," kata Kapolda.

Kedatangan tamu diperkirakan sebanyak 6.000 orang termasuk dari bandara dan yang sudah di hotel. Sesuai kebijakan hasil rapat ada tamu yang disiapkan dengan bus di masing-maisng penginapan.

Baca Juga: Erina Gudono Unggah Potret Kaesang Pangarep Cemberut Gegara Kepanasan, Warganet Malah Salfok dengan Gaya Rambutnya: Kayak Paspampres

Ada tamu yang dibawa langsung masuk ke Mangkunegaran dan yang disiapkan parkir di Benteng Vastemburg dan Stadion Manahan, kemudian dibawa dengan bus ke Pura Mangkunegaran.

Jumlah bus yang disiapkan sekitar 220 unit untuk mengantar para tamu ke Mangkunegaran.

Kepala Bidang Humas Polda Jateng Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan personel yang dilibatkan dalam kegiatan pengamanan berasal dari seluruh satuan kepolisian di Jajaran Polda Jawa Tengah.

"2188 personel itu, akan dibagi dalam 5 satgas dan akan ditugaskan untuk mengadakan pengamanan di lima titik yaitu lokasi siraman di kediaman Presiden, lokasi start kirab di Loji Gandrung, Rute Kirab Jalan Slamet Riyadi serta Pura Mangkunegaran," kata Kabidhumas.

Sementara itu, untuk posko kegiatan, kata dia, Polda Jateng menyiapkan tiga posko di Benteng Vastenburg, Pura Mangkunegaran dan Traffic Management Center (TMC) Polresta Surakarta. Kesemua posko dilengkapi alat komunikasi canggih termasuk sarana pemantauan CCTV dan ambulance

"Secara umum, Polri khususnya Polda Jateng sudah menyiapkan personil dan sarana untuk pengamanan dan kelancaran kegiatan, pada pelaksanaannya nanti kami akan bersinergi dengan semua komponen yang terlibat termasuk dengan Pemkot Surakarta dan unsur TNI," katanya.