Konsumsi BBM Lebih Irit dengan Oktaniol

Liberty Jemadu | Deni Yuliansari
Konsumsi BBM Lebih Irit dengan Oktaniol
Oktaniol, zat aditif yang bisa membuat konsumsi bensin irit 30 persen (suara.com/Deny Yuliansari).

Terbuat dari campurah sereh.

Suara.com - Kebijakan pemerintah Presiden Joko Widodo yang menaikan harga bahan bakar minyak sebesar Rp2000 menuai protes dan memantik demonstrasi di beberapa wilayah di Tanah Air.

Tetapi bagi PT Lingkar Bumi Lestari, naiknya harga bensin dan solar justru menjadi peluang karena produknya, Oktaniol justru bisa membuat konsumsi BBM lebih efisien. Sebagai zat aditif, Oktaniol Fuel Saver diklaim bisa memangkas penggunaan BBM hingga 30 persen.

Menurut salah satu peneliti Oktaniol dari PT. Lingkar Bumi Lestari, Suwandi, campuran antara bensin atau solar dengan zat ini bisa membuat pembakaran dalam mesin lebih maksimal.

"Sehingga lebih hemat dibandingkan yang mesin yang tidak memakai Oktaniol," kata Suwandi di Jakarta, Kamis (20/11).

Dalam kondisi tertentu, lanjut Suwandi, penghematan bahkan bisa melebihi 30 persen dan mencapai 50 persen jika digunakan untuk mesin statis.

Tidak hanya penghematan BBM saja. Suwandi menyebut bahwa hasil pembakaran BBM yang dicampur dengan Oktanol lebih bersih.

"Karena pembakarannya sempurna," jelas dia.

Oktaniol, kata Suwandi, merupakan campuran herbal dengan kandungan utama yakni sereh. Sereh dipilih karena memiliki zat yang dibutuhkan sehingga membantu pembakaran.

"Sereh juga panas," imbuh dia.

Untuk sementara, lanjutnya, konsumen bisa mendapatkan bahan campuran ini dengan memesan langsung ke PT. Lingkar Bumi Lestari dengan harga Rp30.000.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS