Nissan Dirikan Pabrik Baru di Purwakarta, Kucurkan Rp437 Miliar

Liberty Jemadu | Insan Akbar Krisnamusi
Nissan Dirikan Pabrik Baru di Purwakarta, Kucurkan Rp437 Miliar
PT Nissan Motor Indonesia (NMI) memperkenalkan mobil Datsun GO-Cross Concept di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016 di Tangerang, Banten, Minggu (14/8/2016) [Suara.com/Kurniawan Mas'ud].

Total kapasitas produksinya mencapai 96.000 unit per tahun.

Suara.com - Nissan, pada Kamis (8/9/2016), menggelar peletakan batu pertama pendirian pabrik barunya di Purwakarta, Jawa Barat. Pabrik yang dibangun dengan investasi senilai 3,4 miliar yen atau sekitar Rp437,43 miliar itu akan memproduksi transmisi dan mesin.

Pabrik transmisi dan mesin tersebut didirikan di atas lahan seluas 3.000 meter persegi dan nantinya berisikan line produksi engine machining. Total kapasitas produksinya mencapai 96.000 unit per tahun.

Pabrik itu berlokasi di area yang sama dengan pabrik PT Nissan Motor Indonesia (NMI) yang sudah ada sebelumnya. Adapun pengoperasiannya rencananya dimulai pada September 2017 nanti.

"Nissan sudah memulai investasi di Indonesia sejak tahun 2001. Pabrik baru ini menjadi langkah konkret kami untuk menegaskan kembali komitmen jangka panjang kami di Indonesia," ujar Presiden Direktur NMI Antonio Zara dalam siaran persnya.

Sayangnya, tidak disebutkan mesin dan transmisi model kendaraan Nissan atau Datsun yang dibuat di fasilitas anyar itu. NMI sendiri, melalui merek Datsun, bakal meluncurkan model sport utility vehicle (SUV) di Indonesia yang memiliki basis sama dengan multi purpose vehicle (MPV) Go+ Panca.

Versi konsep SUV tersebut menjalani debut global pada Oktober 2015 di Jepang dengan nama Go-cross Concept. Kendaraan purwarupa ini juga sudah diperlihatkan di Indonesia melalui Gaikindo Indonesia International Auto Show 2016, Agustus lalu.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS