Mobil Baru Lebih Ringkih? Kok Bisa?

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Mobil Baru Lebih Ringkih? Kok Bisa?
Ilustrasi mobil lawas. [Suara.com/Manuel Jeghesta]

Banyak pendapat yang mengatakan bila mobil baru lebih ringkih dibanding model lawas.

Suara.com - Banyak pendapat yang mengatakan bila mobil baru lebih ringkih dibanding model lawas. Hal ini tentu tidak lepas dari matrial mobil yang digunakan pabrikan.

Seperti diketahui, mobil lawas rata-rata masih menggunakan matrial besi sebagai rangka bodi. Kendati demikian NHTSA (lembaga keselamatan transportasi Amerika) baru-baru ini mengungkapkan, bila mobil keluaran baru lebih aman saat terjadi kecelakaan fatal.

"Kami menyarankan masyarakat untuk membeli mobil sesuai selera, dana dan kebutuhan. Dengan tambahan asuransi maka Anda telah berinvestasi pada keselamatan," kata Heidi King, NHTSA Deputy Administrator, dikutip dari Carcoops, Selasa (22/5/2018).

Data menunjukkan, mereka yang menggunakan mobil lawas dan terlibat kecelakaan mengalami potensi meninggal, mencapai 55 persen. Sedangkan mobil keluaran baru berpotensi meninggal 26 persen.

"Analis menunjukkan efek kecelakaan terhadap penumpang mobil lawas lebih fatal ketimbang mobil keluaran terbaru," tambahnya.

Dalam hal ini, mobil lawas dikategorikan mobil produksi sebelum 2012. Sedangkan mobil baru adalah mobil yang dirakit setelah tahun tersebut. Semakin modern mobil, memang fitur keselamatan selalu meningkat.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS