Alasan Suzuki Masih Impor Beberapa Model untuk Pasar Indonesia

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Alasan Suzuki Masih Impor Beberapa Model untuk Pasar Indonesia
Jajaran All New Suzuki Ertiga di CIkarang, Bekasi, Jawa Barat, Senin (22/10/2018). [Suara.com/Manuel Jeghesta]

Sampai saat ini Suzuki masih mengimpor beberapa model untuk dipasarkan di Indonesia.

Suara.com - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) telah mengumumkan bila Indonesia akan menjadi pilar ketiga basis produksi mobil dan motor di dunia setelah Jepang dan India. Namun seperti diketahui, sampai saat ini Suzuki masih mengimpor beberapa model seperti Ignis, Baleno dan S-Cross untuk dipasarkan di Indonesia. Sejalan dengan apa yang telah diumumkan, apakah nantinya Suzuki akan melokalisasi model-model tersebut.

Menjawab hal tersebut, Seiji Itayama, Presiden Direktur PT SIM mengatakan, Suzuki saat ini memang masih mengimpor tiga model itu. Dan benar menurutnya, bahwa Suzuki Indonesia jadi mother plant, tapi perlu diingat Suzuki juga punya tiga pabrik besar lainnya.

"Thailand kita punya pabrik cukup besar, dan Hungaria juga ada pabrik untuk produksi sampai 250 ribu per tahun. Masing-masing pabrik punya visi dan misi berbeda," ujar Itayama di Cikarang, Bekasi, Senin (22/10/2018).

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, andaikan semua pabrik memproduksi model yang sama, tentu akan sangat mubazir. Jadi setiap pabrikan yang di negara tersebut akan bikin mapping.

"Jadi tipe apa diproduksi di India, tipe apa diproduksi di Jepang atau Thailand. Kita ada strategi tukar produk, kolaborasi antar negara," terangnya.

Terakhir Itayama menegaskan, untuk ketiga model tersebut tentu akan dicoba melokalisasinya. Tapi untuk itu, perlu studi terkait apa saja yang perlu dilokalisasi.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS