Perdana! Suzuki Ekspor All New Ertiga

Dythia Novianty | Manuel Jeghesta Nainggolan
Perdana! Suzuki Ekspor All New Ertiga
Ekspor perdana All New Ertiga di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (22/10/2018). [Suara.com/Manuel Jeghesta]

PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia, menunjukkan komitmennya dengan memenuhi pasar domestik dan internasional.

Suara.com - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) sebagai Agen Pemegang Merek (APM) Suzuki di Indonesia, menunjukkan komitmennya dengan terus mengoptimalkan kapasitas produksi dalam negeri guna memenuhi kebutuhan pasar domestik maupun internasional melalui ekspor perdana All New Ertiga dan NEX II, Senin (22/10), di Cikarang, Kabupaten Bekasi.

Bentuk komitmen Suzuki tersebut mendapat apresiasi dari Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto. Dalam sambutannya, Airlangga mengatakan, keberhasilan ini merupakan hasil dari rangkaian komitmen investasi Suzuki di Indonesia.

"Pencapaian ini menjadikan Indonesia sebagai pabrik terbesar ketiga Suzuki di dunia setelah India dan Jepang dan menjadi world mother plant untuk APV dan ERTIGA, GSX 125, GSX 150, Address dan NEX II," kata Airlangga.

Sejak tahun 2014 PT SIM melakukan penambahan investasi sebesar Rp 13,5 triliun dengan membangun pabrik yang mengintegrasikan sistem teknologi manufaktur terkini di Cikarang sehingga PT SIM saat ini memiliki 5 (lima) pabrik dengan total kapasitas produksi menjadi sebesar 214 ribu unit / tahun untuk kendaraan bermotor roda 4 dan 320 ribu unit / tahun untuk kendaraan bermotor roda dua dengan tenaga kerja sekitar 5.800 orang. Dengan demikian total investasi PT SIM telah mencapai Rp 18,4 triliun.

"Hal ini tentunya merupakan sebuah capaian yang membanggakan bagi industri otomotif nasional maupun kita semua karena produk Indonesia bisa diterima dengan baik di Negara tujuan," tambah Airlangga.

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (22/10/2018). [Suara.com/Manuel Jeghesta]
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Senin (22/10/2018). [Suara.com/Manuel Jeghesta]

Sementara itu, Seiji Itayama, President Director PT SIM mengungkapkan, hari ini sangat bersejarah bagi Suzuki karena ekspor produk terbaru kami, yaitu All New Ertiga dan NEX II mulai dilakukan.

"Dua produk ini merupakan karya anak bangsa yang dibuat di Cikarang dan Tambun dan telah menjadi produk global," ungkapnya.

Kegiatan peresmian ekspor ini juga merupakan dukungan PT SIM atas rencana roadmap 4IR atau Revolusi Industri 4.0 yang dicanangkan Pemerintah melalui Kementerian Perindustrian. Dalam roadmap tersebut, industri otomotif menjadi salah satu sektor penggerak ekonomi dalam negeri dengan perannya sebagai pemain terkemuka dalam kegiatan ekspor.

Berdasarkan roadmap tersebut, Suzuki telah mengambil langkah besar dengan menunjuk Indonesia sebagai pilar ketiga basis produksi mobil dan motor di dunia setelah Jepang dan India.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS