Jeep Aktor Legendaris Steve McQueen Dilego Seharga Rumah, Mau?

RR Ukirsari Manggalani
Jeep Aktor Legendaris Steve McQueen Dilego Seharga Rumah, Mau?
Sebuah Jeep Willys di The Henry Ford (THF) Motor Muster Car Show, yang digelar di Greenfield Village, dekat Detroit, Michigan, Amerika Serikat. [Shutterstock]

Pernah berkarya di Korps Marinir, terselip koleksi militer di antara motor dan mobil eksotisnya.

Suara.com - Generasi zaman now mungkin kurang mengenal aktor Steve McQueen yang hadir dari zaman old. Akan tetapi kalau menonton film The Cars dengan tokoh sebuah mobil balap bernama Lightning McQueen, barangkali bisa jadi jembatan pengenal. Yup, nama fiktif ini dipetik buat mengenangnya!

Steve McQueen dikenal dengan gaya kesehariannya yang keren serta sarat nuansa otomotif. Profesi boleh saja aktor, akan tetapi ia gemar turun di balapan kendaraan roda dua (R2) pun roda empat (R4). Mulai dari balap touring British Car Championship (BTCC), balap ketahanan 12 jam Sebring dan 24 jam Le Mans, sampai balap motor off-road dan enduro atau ketahanan.

Jadi jangan heran, bila lelaki yang pernah berkarier di Korps Marinir Amerika Serikat ini juga memiliki sederet koleksi mobil eksotis dan motor klasik. Mulai Ferrari 512 , Ferrari 250 GT Berlinetta Lusso, dan Ferrari 275GTB/4, Ford GT40 dan masih banyak lagi.

Mengingat ia pernah berbakti kepada negara sebagai tentara marinir, di antara koleksinya juga terselip Jeep Willys lansiran 1945 yang pekan ini bakal dilelang dengan harga GBP 100.000, setara Rp 1,9 miliar, atau senilai satu unit rumah di Jakarta.

Dilansir dari inews.co, kabarnya mobil ini akan dipamerkan terlebih dahulu, lalu dilego dalam pameran mobil klasik di Birmingham, Inggris oleh balai lelang Silverstone Auctions.

Setelah Steve McQueen wafat pada 1980, beberapa mobil miliknya termasuk Jeep memang secara bertahap dimasukkan ke balai lelang. Jeep ini sendiri dilepas pada 1984 di Amerika Serikat dan beralihtangan ke pemilik yang bermukim di Britania Ray, dengan perawatan dilakukan Jeeparts UK.

Mobil ini dijual lengkap dengan Certificate of Authenticity dari McQueen Estate Sale, katalog lelang asli dari Las Vegas dan beberapa dokumen lelang. Barang otentik yang disertakan adalah pelat asli California berwarna biru yang pernah digunakan dan berlaku hingga 31 Oktober 1980, hanya satu minggu sebelum kematian McQueen pada 7 November 1980.

Jeep Willys ini diproduksi pada Perang Dunia Kedua, dan mulai digunakan Angkatan Darat AS pada 1945. Spesifikasinya adalah mesin empat silinder 2.200 cc dengan kekuatan 60 daya kuda.

Yosafat Diva Bayu Wisesa

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS