Volkswagen dan Ford Perbincangkan Kendaraan Otonom

RR Ukirsari Manggalani
Volkswagen dan Ford Perbincangkan Kendaraan Otonom
Ford [Shutterstock].

Projek yang dirintis setelah kerjasama membangun stasiun pengisian baterai mobil listrik.

Suara.com - Sebuah gagasan aliansi antara Volkswagen AG dan Ford Motor Co tengah dijajaki. Fokusnya adalah kendaraan listrik dan otonom atau swakemudi, demikian dilansir dari kantor berita Reuters.

Sebelumnya, Volkswagen dan Ford sudah pernah menjalin sebuah usaha bersama, yang dijuluki sebagai IONITY, dan menggandeng BMW AG serta Daimler AG. Tujuannya adalah bersama-sama mengembangkan jaringan stasiun pengisian daya mobil listrik yang ultra cepat di seluruh Eropa.

Di luar penandatanganan dua kerjasama itu, Ford sendiri telah mengalokasikan dana sebesar 3 miliar dolar Amerika Serikat (AS) untuk mengerjakan projek kendaraan otonom. Disebut sebagai Ford Autonomous Vehicles (LLC) yang akan berjalan pada 2023.

Sebanyak 1 miliar dolar AS dana yang awalnya dialokasikan untuk Argo AI, sebuah startup otonom Pittsburgh, AS yang diakuisisi Ford pada 2017 juga turut dijadikan modal projek LLC itu.

Logo VW. [Shutterstock]
Volkswagen [Shutterstock].

Menyoal kerjasama dengan Ford, Frank Witter, Chief Financial Officer Volkswagen mengatakan bahwa pihaknya terbuka untuk beraliansi dengan perusahaan luar, terutama di bidang kendaraan swakemudi.

Witter mengatakan berbagi platform MEB (platform mobil listrik milik Volkswagen) dengan Ford secara teoritis dimungkinkan, meskipun Volkswagen saat ini tengah fokus untuk meluncurkan teknologi kendaraan listrik dengan merek sendiri.

Volkswagen Group menginvestasikan 34 miliar Euro untuk mobil listrik dan mobil swakemudi pada 2022, dan berencana untuk membuat 2 juta hingga 3 juta mobil listrik baterai penuh pada 2025. [Antara]

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS