Kaca Helm Ternyata Memiliki Usia Pakai

RR Ukirsari Manggalani | Manuel Jeghesta Nainggolan
Kaca Helm Ternyata Memiliki Usia Pakai
Helm yang dijumpai di ajang IMOS 2018 [Suara,com/Manuel Jeghesta Nainggolan].

Kaca helm yang baik tidak ada nilai optikalnya, sehingga serasa tidak menggunakan kaca.

Suara.com - Kaca helm yang baik tentunya bisa memberikan kenyamanan pandangan saat sebuah helm digunakan. Hanya, sepertinya tidak banyak yang mengetahui bila kaca helm ternyata memiliki usia pakai.

Kebanyakan pengendara motor terus menggunakan kaca helm sesuai dengan kondisi helm. Menurut Johanes Cokrodiharjo, Direktur Teknikal NHK, kaca helm maksimal biasanya hanya berusia enam bulan atau setengah tahun.

"Kaca helm itu sebagus apapun, setiap enam bulan memang harus ganti. Karena memang ada limitnya," kata Johanes Cokrodiharjo, di Indonesia Motorcycle Show (IMOS), Jakarta Convention Centre (JCC), Senayan, Sabtu (3/11/2018).

Johanes Cokrodiharjo menambahkan, kalau kaca helm itu sudah baret, pandangan berkendara itu pasti akan bermasalah. Karena baret-baret yang ada pada kaca helm itu memecah cahaya masuk.

"Karena kaca yang baik tidak ada nilai optikalnya. Jadi pakai kaca helm dan tidak pakai kaca helm itu tidak ada bedanya," ujar Johanes Cokrodiharjo.

Terakhir, Johanes Cokrodiharjo mengibaratkan, kaca helm itu sama seperti layar smartphone. Walaupun sudah dipasang anti gores tetap saja ada baret. Dan itu membuat pandangan tidak nyaman.

Suara.Com

Suara.com adalah portal berita yang
menyajikan informasi terhangat, baik peristiwa politik, bisnis, hukum, entertainment...

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS