Line-up 2019: Volkswagen Bakal Produksi Tiguan di Indonesia

RR Ukirsari Manggalani
Line-up 2019: Volkswagen Bakal Produksi Tiguan di Indonesia
Volkswagen Tiguan. Ilustrasi [Shutterstock].

Hasilnya bakal diekspor ke kawasan ASEAN, dengan lokasi pabrik belum ditentukan.

Suara.com - Harjanto, Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian menyatakan bahwa perusahaan otomotif Jerman, Volkswagen (VW) merencanakan membuka pabrik di Tanah Air.

"VW ingin membangun assembly line di sini. Rencananya akan membuat VW Tiguan di Indonesia dengan investasi senilai 40 juta sampai 50 juta Euro," demikian papar Harjanto usai menghadiri konferensi pers di Jakarta, Rabu (19/12/2018) seperti dikutip dari kantor berita Antara.

Lebih lanjut lagi, Dirjen Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian ini menambahkan bahwa di Indonesia, Volkswagen akan membuat pabrik dengan nama Agen Pemegang Merek (APM) PT Garuda Mataram.

Untuk Indonesia, PT Garuda Mataram adalah APM yang membawahi merek Audi, dan di Jerman, Audi adalah salah satu dari anak perusahaan Volkswagen. Lainnya antara lain adalah Lamborghini.

Menyoal lokasi, Harjanto belum menyebutkan pabrik Volkswagen nanti akan berada di mana. Ia menyatakan, "Assembly line persisnya belum tahu di mana. Namun mereka sudah melaporkan bahwa akan ada investasi Volkswagen dalam negeri, dengan masuknya beberapa varian dalam negeri yang akan diproduksi di Indonesia."

Menurut Harjanto, dengan nilai investasi sebesar 40 - 50 juta Euro, diprediksi kapasitas produksi tidak akan terlalu besar, mengingat kendaraan yang dihasilkan di pabrik tadi akan diekspor untuk pasar ASEAN.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS