Tingkat Kandungan Lokal Daihatsu Grand New Xenia Capai 95

Dythia Novianty | Tivan Rahmat
Tingkat Kandungan Lokal Daihatsu Grand New Xenia Capai 95
Daihatsu Grand New Xenia. [Suara.com/Tivan Rahmat]

Daihatsu Grand New Xenia yang baru dirilis merupakan model Low MVP yang dirakit secara lokal.

Suara.com - Astra Daihatsu Motor (ADM) menunjukkan dukungannya terhadap perindustrian lokal. Buktinya, Daihatsu Grand New Xenia yang resmi dirilis pada hari ini, Selasa (15/1/2019), merupakan model Low MVP yang dirakit secara lokal.

"Untuk lokalisasi, ada peningkatan. Di Xenia generasi sebelumnya kan 93 persen. Kalau yang sekarang kandungan lokalnya sudah 95 persen," ujar Direktur Marketing PT. ADM, Amelia Tjandra, di kawasan BSD, Tangerang Selatan.

Amel menambahkan, keputusan ADM untuk menambah persentase TKDN untuk Xenia terbaru tidak terlepas dari efisiensi biaya produksi.

"Jadi ini adalah salah satu bukti bahwa Daihatsu selalu mencoba untuk meningkatkan kandungan lokalnya di setiap produksi produk baru. Kita juga menekan biaya impor untuk produksi," imbuhnya.

Di sisi lain, keputusan merakit mobil secara lokal juga menjadi bukti keseriusan ADM dalam mengembangkan bisnisnya di Indonesia.

"Lokalisasi menjadi bagian penting bagi Daihatsu. Ini merupakan bentuk keseriusan kami untuk berbisnis di Indonesia," tambah Amel.

Perihal lima persen sisanya yang masih diimpor dari luar negeri, Amel menyebutkan bahwa komponen tersebut adalah gear yang belum bisa dibuat di Indonesia.

"(Komponen yang masih diimpor) Hanya bagian tertentu seperti gear yang masih impor karena membutuhkan presisi yang tinggi," tandasnya.

Suara.Com

Dapatkan informasi terkini dan terbaru yang dikirimkan langsung ke Inbox anda

QUOTES OF THE DAY

INFOGRAFIS